Polres Malang Ziarah Serentak ke Makam Korban Tragedi Kanjuruhan

Polres Malang Ziarah Serentak ke Makam Korban Tragedi Kanjuruhan

Pejabat utama Polres Malang dan polsek jajaran ziarah ke makam korban tragedi Kanjuruhan yang tersebar di Kabupaten Malang. -Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polres Malang tidak hanya melakukan upacara di halaman mapolres. Namun juga menggelar ziarah serentak ke makam korban tragedi Kanjuruhan di seluruh Kabupaten Malang. 

BACA JUGA:Aksi Bantengan, Warnai Peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara di Kota Malang  

Ziarah dipimpin Wakapolres Malang Kompol Imam Mustolih yang diikuti seluruh pejabat utama (PJU), dan polsek jajaran.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Polres Kediri Siap Menghadapi Tantangan ke Depan dan Berinovasi 

"Ziarah dilaksanakan secara serentak di 73 lokasi makam, yang tersebar di 22 kecamatan di seluruh Kabupaten Malang," ungkap Kasihumas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara, Senin 1 Juli 2024. 

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi  

Makam 73 korban tragedi Kanjuruhan terletak di Kecamatan Wonosari, Wajak, Wagir, Turen, Tumpang, Tirtoyudo, Tajinan, Sumberpucung, Singosari, Pakisaji, Pakis, Pagelaran, Pagak, Ngajum, Kromengan, Kepanjen, Kalipare, Gondanglegi, Gedangan, Dau, Bululawang, dan Ampelgading.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara di Lamongan Mantapkan Sinergi Bersama Polri 

"Hari ini kami secara serentak melakukan ziarah ke makam korban tragedi Kanjuruhan yang ada di Kabupaten Malang," kata Dicka.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Surabaya Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif 

Kasihumas menambahkan, kegiatan ziarah ini juga dihadiri pengurus Bhayangkari Polres Malang dan ranting jajaran, serta disambut baik oleh keluarga korban dan forkopimcam setempat. Ziarah diawali dengan tabur bunga di makam korban tragedi Kanjuruhan, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama. 

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Dua Pejabat Polda Jatim Naik Pangkat 

Kegiatan ziarah ini bukan hanya sebagai bentuk penghormatan kepada para korban, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian dan empati kepolisian terhadap keluarga yang ditinggalkan.

BACA JUGA:Bupati Beri Apresiasi Tinggi Kinerja Polres Jember di HUT Ke-78 Bhayangkara 

Dengan peringatan Hari Bhayangkara ini, Polres Malang berharap dapat mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian.

BACA JUGA:Polres Lumajang Beri Penghargaan TNI dan Masyarakat Berprestasi dalam HUT Ke-78 Bhayangkara 

“Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga korban dengan tujuan menjalin komunikasi yang lebih baik,” imbuhnya.

BACA JUGA:Bupati dan Kapolres Jember Saling Potong Tumpeng Tasyakuran HUT Ke-78 Bhayangkara 

Dalam kesempatan ini, lanjutnya, kepolisian menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga korban atas tragedi yang terjadi. Ipda Dicka juga menegaskan komitmen kepolisian untuk terus mendampingi dan membantu keluarga korban dalam menyelesaikan segala keluhan yang masih ada.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Kapolda Jatim Minta Tingkatkan Pelayanan dan Pengabdian Terbaik kepada Masyarakat 

Atas nama Kapolres Malang, Ipda Dicka juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga korban yang telah menerima kedatangan rombongan ziarah dengan baik.

BACA JUGA:Satlantas Polres Jember Raih Juara 1 Kapolres Cup 2024 dalam Rangkaian HUT Ke-78 Bhayangkara 

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga almarhum korban tragedi Kanjuruhan. Kami berkomitmen untuk terus membantu dan mendampingi keluarga korban dalam menghadapi segala keluhan yang ada, akan kami upayakan semaksimal mungkin," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Jember Apresiasi Gelaran Fun Bike dan Jalan Santi di Perayaan HUT Ke-78 Bayangkara di Alun-Alun 

Hari Bhayangkara ke-78 menjadi momentum bagi Polres Malang untuk mempertegas komitmen mereka dalam melayani dan melindungi masyarakat, serta membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk keluarga korban tragedi Kanjuruhan. (*)

Sumber: