Tari Rangkuk Alu Manggarai, Flores Hiasi Google Doodle, Bagaimana Sejarahnya?

Tari Rangkuk Alu Manggarai, Flores Hiasi Google Doodle, Bagaimana Sejarahnya?

Tari Rangkuk Alu hiasai google doodle hari ini.-Google.-

MEMORANDUM-Wow. Hari ini, 29 April 2024 animasi Google Doodle menampilkan Tari Rangkuk Alu. Tarian ini berasal dari Manggarai, Flores, Indonesia. 

Biasanya, tarian ini dilakukan ketika bulan purnama setelah panen. Hingga kini tarian ini menjadi budaya yang menghubungkan warga dengan aktivitas mereka.

Tidak ada batasan untuk memainkan Tari Rangkuk Alu. Karena bisa dimainkan siapa saja. Permainan tradisional ini menggunakan tongkat bambu yang disusun dalam kotak tanah.

BACA JUGA:Kapolsek Dukuh Pakis, Tenggilis dan Wiyung Dimutasi Ada Apa Ya ?

Para pemain menggerakkan tongkat dengan irama terus menerus, pemain lainnya mencoba melangkah dalam pola yang rumit untuk menghindari bambu. Dari permainan, kemudian berkembang menjadi tarian. Sebab, orang-orang melihat ada irama dalam lompatan yang mengiringi tarian.

Biasanya, bagi pemula gerakan-gerakan yang ditampilkan sederhana.Penari bergerak ke berbagai arah, kemudian di sekitar tepi, tengah dan bermanuver. 

BACA JUGA:Gol Kemenangan Madrid yang Dicetak Arda Guler Buat Ancelotti Berubah Pikiran

Instrumen drum dan gambang biasanya juga melengkapi pemukul batang bambu. Untuk pakaian penari, menggunakan rok panjang, hiasan kepala juga selendang. Permainan ini juga bisa melatih ketangkasan, koordinasi dan keseimbangan.

Nilai filosofis, spiritual juga tergambar dari tarian ini. Masih lestarinya Tari Rangkuk Alu tidak lepas dari peran serta masyarakat sekitar. Sungguh suatu budaya yang harus dilestarikan karena mengandung nilai-nilai luhur. (*)

Sumber: