Hadapi Musim Penghujan, KAI Daop 9 Jember Lakukan Sejumlah Antisipasi

Hadapi Musim Penghujan, KAI Daop 9 Jember Lakukan Sejumlah Antisipasi

Tim Gabungan memeriksa titik-titik perlintasan rawan banjir dan longsor. -Biro Jember-

Disamping menyiagakan petugas dan memasang alat pendeteksi, KAI Daop 9 juga telah menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 8 lokasi, mulai dari Stasiun Pasuruan, Stasiun Probolinggo, Stasiun Klakah, Stasiun Tanggul, Stasiun Jember, Stasiun Kalisat, Stasiun Kalibaru dan Stasiun Ketapang. 

BACA JUGA:PT KAI Daop 9 Jember Terima 7 Sertifikat dari BPN Probolinggo

BACA JUGA:BPN Serahkan 15 Sertifikat Milik PT KAI Daop 9 Jember

AMUS yang disiapkan tersebut berupa pasir dalam kantong karung, bantalan rel, perancah dari besi untuk penahan pondasi jalur, dan lainnya. Sejumlah peralatan ringan hingga alat berat seperti Multi Tie Tamper (MTT) dan Excavator juga disiagakan untuk merawat kondisi jalur rel agar tetap laik dilintasi kereta api.

BACA JUGA:Tingkatkan Kenyamanan dan Keamanan Penumpang, PT KAI Daop 9 Gandeng TNI-Polri

BACA JUGA:KAI Daop 9 Jember Kampanye Keselamatan Perjalanan KA

Menghadapi musim hujan ini pula, KAI melakukan pensterilan jalur dari pepohonan. Hingga November 2023, Daop 9 Jember telah melakukan pemangkasan sebanyak 126 pohon untuk menghindari terjadinya pohon tumbang di jalur rel yang dapat mengganggu perjalanan kereta api. 

BACA JUGA:Pererat Pelanggan saat Valentine, PT. KAI Daop 9 Jember Bagi-bagi Voucher Gratis

BACA JUGA:KAI Daop 9 Perketat Pengguna Transportasi KA Guna Tekan Varian Omicron

Selain itu juga dilakukan normalisasi drainase dan pembuatan talut penahan konstruksi jalur KA, sehingga dapat meminimalisasi kemungkinan gangguan di lokasi rawan tersebut.

“Tidak hanya kali ini saja, pengecekan jalur juga rutin dilakukan, baik dengan jalan kaki, menggunakan lori dressin, termasuk menempatkan petugas yang turut jalan di kabin masinis untuk dapat memantau kondisi jalur,” kata Anwar.

BACA JUGA:KAI Daop 9 Bongkar 36 Bangli Sepanjang Stasiun Mangli dan Stasiun Jember

BACA JUGA:KAI Daop 9 Waspadai 11 Titik Rawan Sepanjang Pasuruan-Banyuwangi

Anwar mengatakan, bisnis transportasi pada hakikatnya adalah bisnis keselamatan dan pelayanan, sehingga upaya-upaya KAI untuk memitigasi gangguan di musim hujan ini diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api untuk mendukung konektivitas sehari-hari. (*)

 

Sumber: