PT KAI Daop 9 Jember Siapkan Puluhan Armada Kereta dan Lokomotif untuk Mudik Ceria Penuh Makna

PT KAI Daop 9 Jember Siapkan Puluhan Armada Kereta dan Lokomotif untuk Mudik Ceria Penuh Makna

Samsul Arifin SPV Losd Depo Jember, Cek and ricek kesiapan armada lokomotif seri CC 2018354.-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 JEMBER terus melakukan persiapan untuk melayani pelanggan secara maksimal pada masa mudik dan balik Angkutan Lebaran 2024. Salah satunya dengan mempersiapkan armada Kereta dan lokomotif yang andal untuk melayani pelanggan selama periode angkutan lebaran dari 31 Maret hingga 21 April 2024.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 JEMBER, Cahyo Widiantoro mengatakan, "Untuk menghadapi Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 9 JEMBER didukung oleh 10 armada lokomotif dan 72 armada Kereta. Melibatkan 26 personil Pegawai depo melakukan perawatan periodik terhadap lokomotif seri CC 2018354 yang nanti akan digunakan untuk melayani pelanggan pada Angkutan Lebaran agar keandalannya terjaga." kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 JEMBER, Jumat 22 Maret 2024.

"Semua Sarana Daop 9 JEMBER baik lokomotif maupun Kereta telah selesai dilakukan perawatan sesuai jadwal periodik, sehingga pada saat angkutan lebaran nanti bisa dimaksimalkan untuk melayani pelanggan."Mudik Ceria Penuh Makna pada Angkutan Lebaran 2024," kata Cahyo menambahkan.

Sebelumnya, pada 4-8 Maret 2024, tim dari Ditjen Perkeretaapian juga telah melakukan observasi lapangan (rampcheck) terhadap sarana yang dimiliki oleh Daop 9 JEMBER. Hasilnya, 10 lokomotif dan 72 armada Kereta dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan layak untuk dioperasionalkan pada angkutan lebaran 2024.

BACA JUGA:Tiket Mudik KA Jarak Jauh Keberangkatan Daop 9 Jember Sudah Bisa Dipesan

Manajemen KAI Daop 9 Jember juga melakukan sidak kondisi sarana yang sedang operasional maupun yang sedang stabling untuk perawatan guna melihat kondisi kereta secara langsung. Sidak ini meliputi aspek kebersihan, kesejukan alat pendingin udara, dan ketersediaan alat keselamatan seperti palu pemecah kaca darurat serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"KAI terus berupaya mewujudkan komitmen sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman dengan mempersiapkan Sarana yang andal pada masa Angkutan Lebaran 2024, sehingga para penumpang dapat mudik dengan ceria dan penuh makna untuk bertemu sanak keluarga," tutup Cahyo.(edy)

Sumber: