Disnaker Kabupaten Malang Tingkatkan Skill Wirausaha Pemula Melalui Literasi Keuangan

Disnaker Kabupaten Malang Tingkatkan Skill Wirausaha Pemula Melalui Literasi Keuangan

Peserta pelatihan wirausaha.-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang terus konsisten dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan bagi para difabel. Kali ini Disnaker menggelar Pelatihan Literasi Keuangan, bagi para difabel dan non difabel yang dilaksanakan selama tiga hari.

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Savana Hotel and Convention kota Malang, mulai dari hari Selasa 7 November 2023 sampai Kamis 9 November 2023. Dengan peserta pelatihan sebanyak 20 orang, yang terbagi 11 orang difabel dan sisanya non difabel.

"Peserta pelatihan ini semuanya memiliki usaha, karena pelatihan Literasi Keuangan harus yang sudah memiliki usaha," ujar Drs. Yoyok Wardoyo MM Kadisnaker Kabupaten Malang, Rabu 8 November 2023.

BACA JUGA:Atasi Pengangguran, Disnaker Kabupaten Malang Latih 265 Pelajar SMK

Yoyok menyampaikan, tujuan dari pelatihan ini dalam rangka menekan angka pengangguran, selain ituj uga untuk meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Pelatihan kali ini tidak hanya menyasar para difabel, namun juga non difabel. Karena keinginan masyarakat yang cukup besar. Sehingga Disnaker memberikan kesempatan, bagi para pengusaha terutama pemula untuk bergabung dalam kegiatan ini.

"Peserta diutamakan yang memiliki usaha, dengan pelatihan ini diharapkan bisnis mereka semakin moncer," kata Yoyok.

BACA JUGA:Disnaker Kabupaten Malang Latih Kaum Milenial Mahir Marketing

Kadisnaker menambahkan, pelatihan ini terinspirasi saat silaturahmi, dengan Komisioner difabel dengan Pemkab Malang. Dalam silaturrahmi tersebut peserta ada yang meminta pelatihan, bagi difabel dalam bentuk literasi keuangan. Karena keterbatasannya sehingga tidak bisa bekerja di dunia industri, sehingga bisa mendapatkan kesejahteraan dari usaha lain.

"Pelatihan literasi keuangan ini dilengkapi dengan pelatihan digital marketing," imbuh Yoyok.

Pelatihan literasi keuangan kali ini menghadirkan narasumber, yang cukup bermotivasi wirausaha dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Sosial, perbankan dan kampus untuk memberikan materi yqng cukup berbobot.

BACA JUGA:Disnaker Kabupaten Malang Gandeng BLK Gelar Pelatihan Tata Kecantikan Rambut

Kegiatan ini merupakan sinergitas Disnaker dengan Dinas Sosial, sekaligus uoaya untuk melengkapi apa yang sudah diperbuat oleh Dinsos. Selain itu juga merupakan  sebuah bukti dan komitmen bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang peduli terhadap dunia inklusi.

Terkait dengan alasan pengambilan tema literasi keuangan untuk kegiatan yang melibatkan penyandang difabel kali ini, Yoyok mengatakan hal itu merupakan usulan dari rekan-rekan penyandang difabel ketika melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Malang. 

"Saya berharap para penyandang difabel dan peserta lainnya dapat meningkatkan pemahamannya terkait dengan literasi keuangan serta upaya-upaya untuk mengembangkan usaha," tutup Yoyok Wardoyo.(kid)

Sumber: