Support Kayutangan Heritage, Pemkot Malang Bangun Gedung Parkir Bertingkat

Support Kayutangan Heritage, Pemkot Malang Bangun Gedung Parkir Bertingkat

Pembangunan gedung parkir bertingkat dalam proses pengerjaan.--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pemkot Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang membangun gedung parkir bertingkat di area bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, di Jalan Majapahit, Kota Malang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaya Saleh Putra menjelaskan pembangunan ini dibiayai oleh APBD Kota Malang 2024 senilai Rp 4,1 M. “Sekitar bulan November 2024 sudah selesai sehingga nanti pada tahun baru 2025 sudah dapat digunakan,” katanya.

Gedung parkir bertingkat ini memiliki tiga lantai. Lantai dasar untuk parkir mobil yang menampung sekitar 15 kendaraan. Selanjutnya, dua lantai di atasnya untuk sepeda motor yang diperkirakan dapat menampung sekitar 450 kendaraan.

BACA JUGA:Ribuan Anak Tak Kenal sekolah, Pemkot Malang Ambil Langkah

Untuk pengelolaan, Widjaya mengatakan akan ditangani langsung oleh pihak Dishub. Meningkatkan kenyamanan masyarakat, Dishuib akan menggunakan system e-parking. “Dengan system e-parking tentunya akan lebih nyaman dan terpantau dengan baik,” jelasnya.

Widjaya menjelaskan kebutuhan lahan parkir di Kota Malang cukup tinggi, sehingga diperlukan berbagai inovasi dan juga melakukan penataan lahan parkir yang ada untuk memenuhi kebutuhan tempat berhenti sesaat kendaraan bermotor. Ini agar ruas jalan tetap terjaga kenyamanan bagi pengendara bermotor.

Pembangunan gedung parkir bertingkat ini menurutnya menjadi sebuah pilihan untuk memberikan kenyamanan masyarakat yang membutuhkan tempat untuk memarkir kendaraan bermotor, terutama pada area yang memiliki kepadatan pengunjung.

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Penghargaan UKPBJ Level 3 Proaktif, Pj Wali Kota Iwan: Bukti Tata Kelola Pengadaan Baik

Meski dalam pengelolaan parkir bertingkat ini memberikan pemasukan yang menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun Widjaya mengatakan pembangunan ini lebih pada peningkatan pelayanan pada masyarakat agar merasa aman dan nyaman terhadap kendaraan bermotornya saat parkir.

"Utamanya kita tidak mengejar PAD tetapi dapat mengurangi parkir yang berada di tepi jalan raya agar masyarakat menjadi nyaman. Pembangunan gedung parkir bertingkat yang menggunakan lahan eks DLH ini kita harapkan menjadi salah satu solusi terhadap kebutuhan lahan parkir,” jelas Widjaya Saleh Putra.

Dikatakan, letak Gedung parkitr bertingkat ini tidak jauh dengan kawasan Kayutangan Heritage. Untuk itu, harapannya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat atau pengunjung Kayutangan Heritage atau pengunjung tempat lain di sekitarnya.

BACA JUGA:Selamatkan Setengah Triliun Aset Negara, Wamen ATR/Waka BPN Serahkan Sertipikat Tanah ke Pemkot Malang

Kayutangan Heritage kini telah menjadi salah satu ikon kunjungan wisata masyarakat, baik Kota Malang maupun luar Kota Malang. Untuk menunjang kenyamanan kawasan wisata tersebut tentunya perlu disediakan tempat parkir yang memadai.(ari)

Sumber: