Pasar Kembang Diperbaiki Mulai Desember, Beri Tempat Layak untuk Pedagang

Pasar Kembang Diperbaiki Mulai Desember, Beri Tempat Layak untuk Pedagang

Pasar Kembang tampak dari depan. --

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Pasar Kembang, ikon kuliner jajan tradisional di Surabaya, akan segera tampil dengan wajah baru yang lebih modern dan menarik. Revitalisasi yang dimulai pada Desember 2024 ini merupakan hasil kolaborasi antara PD Pasar Surya Surabaya dan Bank Jatim.

Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya, Agus Priyo menjelaskan bahwa revitalisasi ini direncanakan dimulai pada Desember 2024. Pihaknya kini sedang melakukan persiapan lelang pekerjaan.

"Mulai Desember udah kita kerjakan, dan ini lagi proses lelang satu bulan, " kata Agus diwawancarai Memorandum. 

BACA JUGA:Penjual Jajanan di Pasar Kembang Surabaya Masih Eksis

Setelah penentuan pemenang lelang, akan segera dilakukan proses pembangunan. "Setelah itu baru penentuan pemenang dan selanjutnya pembangunan Desember. Untuk start pengerjaanya kita lakukan tahun ini, " Jelasnya. 

Agus Priyo, menjelaskan bahwa revitalisasi akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan difokuskan pada perbaikan struktur bangunan yang rusak akibat kebakaran. Bank Jatim turut berperan aktif dalam revitalisasi ini dalam memberikan dukungan finansial dan pendampingan kepada para pedagang

"Ada dua tahap, tahap pertama kita kerjakan PD Pasar. Selanjutnya, bulan Febuari atau Maret tahun depan kami bersama Bank Jatim, kami akan menyempurnakan desain dan fasilitas pasar, " ujarnya. 

BACA JUGA:Halo, Cak Eri Cahyadi, Bertahun-tahun Luberan Parkir Pasar Kembang Bikin Macet Kok Dibiarkan

Revitalisasi Pasar Kembang ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan tempat yang layak bagi pedagang dan pengunjung.

"Kami ingin memastikan Pasar Kembang menjadi tempat yang layak, aman dan nyaman bagi semua. Kita perbaiki atapnya, yang tidak layak kita perbaiki, kita penuhi kelayakan dari pedagang. Karena itu bekas kebakaran. Tapi tidak berubah konsep total atau berubah bangunan tidak, atap yang pasti kita total perbaiki, 

Revitalisasi Pasar Kembang tidak hanya sekadar memperbaiki bangunan, tetapi juga membuka peluang besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat. 

BACA JUGA:Aspal Jalan Pasar Kembang Meledak, Polsek Tegalsari Laksanakan Pengaturan Lalin

"Saat ini ada 200 pedagang, mungkin kalau kita perluas menjadi 300 pedagang khusus di lantai dua. Kalau di lantai 1 tidak ada penambahan, karena sudah penuh, " ujarnya. 

Dengan kapasitas yang akan bertambah menjadi 300 pedagang, perputaran uang di Pasar Kembang diperkirakan akan meningkat signifikan.

Sumber: