Perkumpulan Kades Halangi Kerja Wartawan di Blitar

Perkumpulan Kades Halangi Kerja Wartawan di Blitar

Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Blitar mengadakan pertemuan tertutup jelang Pilkada, wartawan diusir keluar--

BLITAR, MEMORANDUM.CO.ID - Sejumlah wartawan diusir saat hendak meliput acara Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten BLITAR. Pengusiran itu terjadi dalam semuah acara di Hotel Grandmansion, Kota BLITAR, Kami 10 Oktober 2024. Hampir 200 Kepala Desa se-Kabupaten BLITAR hadir dalam acara ini.

"Saya kepala desa, saya juga punya media. Tidak semua hal bisa dipublikasikan," kata salah satu pembicara dengan nada mengusir.

Acara tersebut bertajuk silaturahmi PKD Kabupaten Blitar. Hal yang menjadi atensi awak media untuk meliput, lantaran agenda ini berlangsung saat masa kampanye Pilkada 2024.

BACA JUGA:Tanggapi Bupati, Kades Karangsono Blitar Minta Kenaikan ADD

Seperti yang diketahui, Kepala Desa merupakan pejabat publik yang diharuskan netral dalam perhelatan pemilu, dan dilarang melakukan sikap yang menguntungkan atau merugikan salah satu calon.

Kejanggalan dalam acara ini semakin nyata dengan tak diperbolehkannya para kepala desa membawa ponsel ke dalam ruangan acara. Ponsel-ponsel itu dikumpulkan di dalam sebuah kardus sebelum acara dimulai.

"Nanti ada pers rilisnya, habis ini," imbuhnya singkat.

BACA JUGA:Kades Tambakrejo Terapkan Prinsip K5 Tingkatkan Potensi Wisata Pantai Tambakrejo Blitar

Mirisnya, Ketua Ketua DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Blitar, Tri Haryono juga ikut-ikutan mengusir awak media.

"Selain kepala desa, mohon keluar," ujarnya dengan ketus.

Setelah acara selesai, Humas Papdesi yang juga kepala desa Rejowinangun, Bhagas Wigasto mengatakan pengusiran wartawan yang terjadi hanya kesalahpahaman semata.

BACA JUGA:Bupati Blitar Lantik 5 Kades PAW

Tapi dia membenarkan bahwa sebelumnya Ketua Papdesi Kabupaten Blitar Tri Haryono telah mengusir awak media, diawal acara.

"Mohon maaf, tadi itu miss komunikasi saja. Memang Pak Tri ngomong seperti itu, tapi tidak bermaksud demikian," jawabnya.

Sumber: