Risma Berkomitmen Gratiskan SMA/SMK Jika Terpilih Gubernur Jawa Timur

Risma Berkomitmen Gratiskan SMA/SMK Jika Terpilih Gubernur Jawa Timur

Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Kabar gembira bagi para siswa dan orang tua. Sebab, Tri Rismaharini berjanji untuk menggratiskan biaya sekolah di seluruh SMA dan SMK, jika terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur

Dengan biaya sekolah yang tidak lagi menjadi penghalang, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat, serta mengurangi beban finansial bagi keluarga. Sehingga semakin banyak siswa yang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-citanya.

“Saya bersama Gus Hans (Zahrul Azhar Asumta) akan merealisasikan mimpi anak-anak bangsa untuk pendidikan SLTA gratis,” tandas Risma usai gelaran rapat kerja cabang khusus (Rakorcabsus) DPC PDI Perjuangan Surabaya, Kamis 19 September 2024 malam. 

BACA JUGA:Risma Ziarah ke Makam Pahlawan dan Wali, Tegaskan Pentingnya Sejarah

Kendati demikian, mantan Menteri Sosial Kabidet Maju itu merasa miris. Sebab, ia banyak menerima keluhan para orang tua yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya. Bahkan banyak yang terancam putus sekolah karena kesulitan ekonomi.

“Saya sedih. Saat jadi Mensos sering menerima keluhan sulitnya membayar sekolah SLTA, " ungkapnya.

Oleh karena itu, Risma menegaskan bahwa ia bersama wakilnya Gus Hans berkomitmen ingin membantu semua orang tua yang kesulitan untuk menyekolahkan anaknya di jenjang SMA maupun SMK.

BACA JUGA:Risma-Gus Hans Perkuat Konsolidasi Relawan di Kota Malang, Fokus Jemput Aspirasi dan Perkuat Suara Rakyat

"Tadi sudah tak jelaskan bahwa kita akan buat program (sekolah gratis).Harapannya tidak ada lagi orang tua kebingungan tidak bisa bayar sekolah, serta tidak ada lagi orang tua yang bersedih karena anak anaknya tidak bisa sekolah,” paparnya. 

Bakal calon gubernur yang membawa program resik-resik Jawa Timur ini menjadikan program sekolah gratis sebagai salah satu pilar utama dalam kepemimpinannya di Jawa Timur. Program yang telah berhasil diimplementasikan saat beliau menjabat sebagai Wali Kota Surabaya ini kini akan diperluas cakupannya hingga ke seluruh pelosok provinsi. 

Dengan begitu, mimpi anak-anak Jawa Timur untuk mengenyam pendidikan berkualitas tanpa memikirkan beban biaya dapat terwujud.

BACA JUGA:Risma Dorong Inovasi Batik dan Handicraft Banyuwangi untuk Tembus Pasar Global

“Kami akan wujudkan mimpi anak bangsa. Menentang kemiskinan ini yang ingin saya wujudkan,” ujarnya. 

Keinginan membebaskan biaya sekolah sebenarnya sudah terpikir Risma sejak lama, saat masih memimpin Kota Surabaya. Saat itu ia berhasil mewujudkan sekolah gratis SD hingga tingkat SMA. Sayangnya, perubahan kebijakan pusat membuatnya harus melepaskan kewenangan tersebut. 

Sumber: