DPRD Surabaya Minta Revitalisasi Pasar Kembang Lebih Modern dan Dorong Kebangkitan Ekonomi Rakyat

Jumat 11-10-2024,19:26 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

BACA JUGA:Revitalisasi Pasar Simo Ditargetkan Rampung Mei

Politisi dari PSI ini juga mendesak agar proyek revitalisasi pasar segera diselesaikan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan. 

"Kami berharap agar cepat selesai," ujar William. 

Sebab keterlambatan pengerjaan ini dikhawatirkan akan berdampak negatif pada perekonomian masyarakat sekitar. 

"Pasar adalah pusat perekonomian masyarakat, sehingga revitalisasi ini sangat penting untuk segera diselesaikan," paparnya. 

Selain itu, William meminta agar pemerintah memprioritaskan pedagang lokal untuk menempati stan yang disediakan. 

BACA JUGA:Kurang Promosi dan Perhatian, Pasar Nostalgia Sepi Pengunjung

"Paling tidak kita tata untuk warga Surabaya dulu, jadi untuk memperbaiki ekonomi warga lokal dulu. Namun ke depannya bisa menjangkau mereka semua untuk mendukung ekonomi kerakyatan," pungkasnya. 

Sementara Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya, Agus Priyo mengatakan bahwa untuk Pasar Kembang yang terletak di wilayah Tegalsari, perbaikan hanya di lakukan di lantai dua. Sementara untuk Pasar Keputran Selatan seluruh bangunan bakal dirobohkan dan didirikan bangunan baru. 

"Untuk Pasar Kembang hanya kita perbaiki di bagian lantai dua yang mana area tersebut bekas kebakaran. Sedangkan di Pasar Keputran Selatan kita bangun semua, kendati kondisi bangunan yang lama sudah tidak layak, " ujar Agus Prio dikonfirmasi memorandum.co.id. 

BACA JUGA:Penjual Jajanan di Pasar Kembang Surabaya Masih Eksis

Sementara itu, Siti, pedagang di Pasar Kembang menyambut baik rencana revitalisasi ini. Namun, mereka juga berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian lebih terhadap nasib mereka selama proses revitalisasi berlangsung.

"Kami berharap revitalisasi ini dapat meningkatkan omzet penjualan kami. Namun, kami juga khawatir akan kesulitan mencari tempat berjualan sementara selama proses revitalisasi berlangsung," jelasnya. 

Namun menurutnya, sebelumnya para pedagang sudah mendapatkan sosialisasi terkait revitalisasi tersebut. Sehingga selama proses pembangunan lantai 2 Pasar Kembang, pedagang akan direlokasi di halaman depan pasar tersebut. 

BACA JUGA: Pasar Burung Bratang Punya Potensi Besar untuk Dikembangkan sebagai Salah Satu Ikon Wisata

"Informasinya mulai bulan depan tanggal 7 pedagang khususnya di lantai dua direlokasi ke tempat penampungan sementara (TPS) di area parkir motor ini," ujarnya. 

Kategori :