DPRD Surabaya Minta Revitalisasi Pasar Kembang Lebih Modern dan Dorong Kebangkitan Ekonomi Rakyat

Jumat 11-10-2024,19:26 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Pemerintah Kota Surabaya melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surabaya melakukan revitalisasi sejumlah pasar tradisional. Salah satunya Pasar Kembang yang terletak di wilayah Kecamatan Tegalsari. 

BACA JUGA:Pascapenertiban, Kini 97 Pedagang Isi Lantai 2 Pasar Keputran Utara

Revitalisasi tersebut mendapat sorotan berbagai pihak. Termasuk dalam hal ini anggota DPRD Kota Surabaya, William Wirakusuma, mendesak agar revitalisasi pasar tradisional di kota ini mengusung konsep modern dan tertata.

"Kami mendorong agar didesain yang bagus jadi pasar moderen. Ke depannya harus diubah menjadi pasar tradisional yang modern, ditata secara modern mumpung momennya ini ada revitalisasi pasar-pasar, harus dikerjakan dengan baik juga," kata William ditemui memorandum.co.id di Gedung DPRD, Jalan Yos Sudarso. 

BACA JUGA:Pembangunan Stan Baru Pasar Dupak Rukun Dianggarkan Rp 2,9 Miliar

Ia membandingkan dengan pasar swasta yang seringkali memiliki fasilitas yang lebih lengkap, seperti area parkir yang luas, hingga sistem pembayaran yang modern. Namun jauh berbalik kondisi pasar tradisional yang sering kumuh dan terkesan semrawut. 

BACA JUGA:Sinergi Pemkot dan BPOM Surabaya Ciptakan Pasar Nambangan yang Aman dan Berkualitas

"Kita punya contoh nyata bahwa pasar pasar milik swasta bisa dikelola dengan sangat baik. Kenapa pemerintah kota dalam hal ini PD Pasar Surya tidak bisa? PD Pasar Surya harusnya juga bisa membuat pasar lebik bagus lagi," tegas William.

BACA JUGA:Marak Pedagang Liar di Pasar, Komisi A Minta PD Pasar Surya Tertibkan

Konsep modern yang dimaksud William meliputi desain yang menarik, tata letak yang efisien, kebersihan yang terjaga, dan fasilitas yang lengkap. 

"Jadi harus ditata sebagai pasar yang moderen, pasar yang bersih dan tertata rapi itu yang penting. Pengelolaannya tetap PD Pasar Surya, tapi harus benar-benar profesional ke depannya, " jelasnya. 

Ia berharap revitalisasi ini tidak hanya sekadar memperbarui tampilan fisik, tetapi juga harus meningkatkan kualitas pelayanan dan daya tarik pasar. Dengan desain yang modern, fasilitas yang lengkap, dan pengelolaan yang profesional, pasar tradisional dapat menjadi pusat aktivitas ekonomi yang ramai dikunjungi. 

BACA JUGA:Lantik 3 Badan Pengawas PD Pasar Surya, Wali Kota Eri Cahyadi Minta Tekan Inflasi hingga Kawal Perbaikan

William menyebutkan pasar tradisional memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Revitalisasi ini harus menjadi momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan pasar tradisional.

"Pasar tradisional kita punya potensi besar untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan. Dengan pasar yang modern dan nyaman, kita tidak hanya bisa meningkatkan pendapatan pedagang, tetapi juga menarik lebih banyak pengunjung," ujar William.

Kategori :