Pilwali Surabaya, Demokrat Pertimbangkan Dukung Eri Cahyadi

Pilwali Surabaya, Demokrat Pertimbangkan Dukung Eri Cahyadi

Kebersamaan Ketum Demokrat AHY dengan Wali Kota Eri Cahyadi beberapa waktu lalu.--

SURABAYA, MEMORANDUM - DPC Partai Demokrat Surabaya siap memberikan dukungan kepada Eri Cahyadi pada pemilihan wali kota (pilwali) mendatang.

Disampaikan Ketua Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari, pihaknya tak menutup pintu terhadap kandidat yang memiliki potensi. Termasuk petahana Eri Cahyadi. Yang terpenting sesuai dengan kriteria parpol berlambang bintang mercy itu.

"Eri Cahyadi tentu akan dipertimbangkan mengingat belìau petahana. Kriterianya tentu dua hal. Yakni, dekat dengan rakyat dan diterima masyarakat Surabaya," kata Lucy, Senin, 25 Maret 2024.

Menghadapi Pilwali 2024, nantinya Demokrat akan membentuk tim seleksi. Salah satu tugasnya adalah menilai kesesuaian sosok cawali dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA:Masuk Bursa Pilwali 2024, Cak Ji: Sik Akeh Kerjoan

Lucy menjelaskan, pertama, sosok tersebut harus dekat dengan rakyat. Menurutnya, sosok seperti ini diperlukan agar wali kota Surabaya mendatang peduli dengan rakyat.

Lalu kedua, Demokrat akan memberikan dukungannya kepada sosok yang akan diterima dan disenangi oleh warga Kota Pahlawan.

"Kalau Eri memenuhi dua kriteria itu, tentu tidak menutup kemungkinan Partai Demokrat akan mengusungnya," tegas anggota Komisi IX DPR RI ini.

"Namun demikian, kami tetap akan mendahulukan kader sendiri selama memenuhi dua kriteria tersebut. Kami akan memprioritaskan dan menawarkan kader terbaik kami kepada warga Kota Surabaya," sambung Lucy.

BACA JUGA:PDI-P Pertahankan Eri-Armuji Pilwali Surabaya Jilid 2

Lucy memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengusung kandidat atau caleg internal yang suaranya minimalis pada Pileg 2024, tidak pernah turun ke masyarakat, hanya tebar pesona melalui pemasangan gambar tanpa prestasi.

"Sosok seperti ini tentunya tidak berpeluang menang dalam pilwali mendatang," kata Lucy yang juga Ning Surabaya tahun 1986 ini.

Seperti diketahui, ada dua sosok dari Demokrat yang diisukan maju dalam kontestasi Pilwali Surabaya. Yakni, Herlina Harsono Nyoto dan M Machmud. Namun tampaknya sosok potensial yang memenuhi kriteria adalah M Machmud.

Machmud, mantan wartawan Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum merupakan anggota dewan empat kali berturut-turut. Caleg dapil 5 ini juga berhasil meraih suara tertinggi pada Pileg 2024. Raihan 17.066 suaranya menempatkan Machmud di posisi nomor satu dari 50 anggota DPRD Surabaya periode 2024-2029.(bin)

Sumber: