Kronologi Penggeledahan Rumah Dinas Bupati Sidoarjo, Buntut OTT Pegawai BPPD

Kronologi Penggeledahan Rumah Dinas Bupati Sidoarjo, Buntut OTT Pegawai BPPD

Kronologi Penggeledahan Rumah Dinas Bupati Sidoarjo, Buntut OTT Pegawai BPPD--

SIDOARJO, MEMORANDUM - Setelah menghilang paska Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi di BPPD. Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) akhirnya muncul, Selasa 31 Januari 2024 pagi.

Bagaimana kronologi penggeledahan rumah dinas Bupati Sidoarjo ?

BACA JUGA:Bupati Sidoarjo Pasrah saat Rumah Dinasnya Diobok-obok KPK

BACA JUGA:Rumah Dinas Bupati Sidoarjo Digeledah KPK, Sita Barang Bukti Dokumen Ini

Berikut kronologinya dirangkum dari memorandum.disway.

OTT Terjadi di Sidoarjo dan Mengamankan Sejumlah Orang

KPK melakukan OTT terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, pada Kamis, 25 Januari 2024. Sebanyak 10 orang telah ditangkap oleh KPK, termasuk beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemkab Sidoarjo.

"Sejumlah 10 orang sedang dalam tahap pemeriksaan," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan pada Jumat, 26 Januari 2024.

Beberapa pejabat yang diduga diamankan dalam OTT itu di antaranya AS dan S dari BPPD Sidoarjo. Selanjutnya, seorang pejabat dengan inisial A, yang menjabat kepala bagian di Sekretariat Daerah Sidoarjo. 

Tidak hanya itu, seorang pegawai bank badan usaha milik daerah (BUMD) juga disebut turut diamankan.

BACA JUGA:Kado Hari Jadi Sidoarjo, Bupati Diperiksa KPK

Dilakukan Pemeriksaan oleh KPK

Setelah peristiwa ini, pengawasan terhadap akses masuk ke gedung kantor bupati diperketat, hal ini berbeda dengan keadaan sebelumnya. 

Sementara di kantor BPPD, beberapa ruangan juga tampak disegel KPK dengan tanda dalam pengawasan. Seperti ruang kabid Pajak III dan dua ruangan lainnya. Mereka yang diamankan KPK hingga kemarin informasinya diperiksa lebih lanjut di Kota Surabaya

Sumber: