Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo Bisa Jadi Alternatif Isi Libur Akhir Tahun

Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo Bisa Jadi Alternatif Isi Libur Akhir Tahun

M Isa Anshori.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Pemerhati anak dan pendidikan M Isa Anshori menilai, program Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo (KP KAS) bisa menjadi instrumen penting untuk merancang kegiatan refreshing ketika anak atau pelajar sedang libur sekolah.

Karena itu, dia mendorong program tersebut digiatkan lebih gencar dan aktif. Hal ini supaya anak-anak di perkampungan memiliki opsi untuk mengisi waktu luang ketika libur panjang akhir tahun tiba.

BACA JUGA:Polsek Kenjeran Sebar Anggota Gelar Patroli 3C

“Sebentar lagi liburan sekolah, tentu dalam masa liburan anak-anak mengalami proses jeda belajar. Karena itu, saya kira program Kampunge Arek Suroboyo bisa jadi alternatif bagi anak-anak untuk refreshing,” kata Isa dihubungi, Selasa, 5 Desember 2023.

BACA JUGA:16 Ribu Kotak Suara Beserta Logistik Disimpan di Gudang Bulog

Menurut Isa, rekreasi keluar kota merupakan pilihan positif. Namun tidak semua anak-anak mendapatkan nasib serupa.

Oleh sebab itu, kegiatan di KP KAS perlu dirancang untuk mengakomodir anak-anak yang tak berkesempatan pergi keluar kota.

“Bagi anak-anak berkecukupan, rekreasi keluar kota tentu menjadi pilihan. Lalu bagaimana dengan mereka yang berasal dari keluarga yang pas-pasan?” tandasnya.

“Kalau bicara Surabaya, maka Surabaya adalah kota layak anak. Tentu saja fasilitas untuk anak sudah cukup memadai, tapi keterbatasan alat untuk menjangkau yang kadang tidak dipunyai oleh mereka. Saya kira merancang kegiatan dalam KP KAS diperlukan untuk memfasilitasi anak-anak tersebut,” sambung Isa.

Sedangkan ditanya soal perlunya larangan bepergian ke luar kota mengingat kondisi cuaca hujan dan ancaman bencana hidrometeorologi, menurutnya tidak perlu ada larangan.

“Saya kira itu tidak perlu, karena setiap anak punya kebutuhan yang berbeda beda, sehingga memastikan kebutuhan positif terpenuhi itu bagian dari hadirnya negara dalam tumbuh kembang anak,” pungkasnya. (bin)

Sumber: