Bahaya Penyakit Cacar Monyet: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Bahaya Penyakit Cacar Monyet: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Ruam cacar monyet adalah salah satu gejala utama penyakit ini. Ruam ini biasanya dimulai di wajah dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.-halodoc-

Cacar monyet disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus ini dapat menular dari hewan ke manusia dan dari manusia ke manusia.

Penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, dengan kontak darah atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi, atau kontak dengan hewan yang mati karena cacar monyet.

Penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, termasuk cairan dari ruam, air liur, dan dahak.

Penularan juga dapat terjadi melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus, seperti pakaian, handuk, dan tempat tidur.

BACA JUGA:Antisipasi Cacar Monyet, Dinkes Jatim Pasang Thermascanner di Bandara

Bahaya Cacar Monyet

Bahaya cacar monyet tergantung pada usia dan kondisi kesehatan penderita. Pada umumnya, cacar monyet adalah penyakit ringan yang sembuh dalam 2-4 minggu.

Namun, pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, cacar monyet dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti pneumonia, meningitis, dan ensefalitis.

Pencegahan Cacar Monyet

Pencegahan cacar monyet dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

1. Menghindari kontak dengan hewan yang terinfeksi, terutama monyet, tikus, dan tupai.

2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur, terutama setelah kontak dengan hewan atau orang yang terinfeksi.

3. Hindari berbagi peralatan pribadi dengan orang yang terinfeksi.

4. Dapatkan vaksinasi cacar monyet.

BACA JUGA:Puskesmas di Surabaya Buka 24 Jam, Komisi D: Nakes Harus Ditambah

Sumber: