Tren TikTok Silent Walking, Hobi Jalan Kaki dalam Keheningan tanpa Bantuan Teknologi Digital

Tren TikTok Silent Walking, Hobi Jalan Kaki dalam Keheningan tanpa Bantuan Teknologi Digital

Ilustrasi--

Silent walking juga sering dihubungkan dengan meditasi sambil berjalan, dengan manfaat yang sama yaitu agar lebih fokus pada tubuh dan pikiran sehingga menjadi rileks, dan yang paling penting bisa merenung sambil bergerak. 

Silent walking juga dapat dikatakan sebagai aktivitas berjalan kaki tanpa gangguan atau distraksi yang hanya berfokus pada langkah mereka, napas, dan suara lingkungan sekitar serta pikiran dan perasaan yang muncul selama berjalan. 

Tak hanya aktivitas fisik, hobi ini juga cara untuk menghubungkan tubuh dan pikiran untuk meningkatkan mindfulness dengan lebih sadar akan diri sendiri dan keadaan sekitar.

Pada intinya, silent walking adalah cara mudah menenangkan pikiran dan berjalan-jalan sendirian, bebas dari gangguan untuk melepaskan diri dari semua kebisingan dan kekacauan dari dunia kita yang sibuk.

BACA JUGA:Jangan Ya Dek Ya: Dari Prank Kocak Jadi Fenomena Viral di TikTok

Asal Usul Silent Walking

Tren silent walking muncul dan viral setelah kreator dan influencer TikTok yaitu Mady Maio, memposting tentang saran yang dia terima dari ahli gizinya untuk berjalan kaki selama 30 menit sehari dan saran dari kekasihnya untuk tidak mendengarkan podcast, musik, atau apa pun saat ia melakukannya. 

Awalnya memang dia mengalami kesulitan dan kebingungan, namun setelah dijalani beberapa waktu, Mady Maio mengatakan bahwa aktivitas memutuskan hubungan dari gawai saat berjalan kaki telah mengubah hidupnya dan menjadi hobi yang dapat dilakukan setiap hari.

Postingan tersebut akhirnya viral dan banyak orang mengunggah di media sosial tentang pengalaman mereka sendiri berjalan kaki setiap hari tanpa gangguan, bahkan sampai ditautkan oleh beberapa ahli kesehatan dan influencer lain.

Namun siapa sangka bahwa silent walking ini bukanlah konsep baru melainkan sudah pernah  dan lama diterapkan oleh para biksu Buddha dengan nama lain yang mereka sebut “meditasi berjalan”.

BACA JUGA:Dari TikTok ke Meja Makan: Bakso Mas Roy dan Mafia Pentol Laris Manis

Manfaat Dari Silent Walking

Manfaat silent walking untuk tubuh sangat banyak, baik untuk jasmani maupun rohani atau fisik maupun mental.

Berikut beberapa manfaat yang didapat setelah melakukan silent walking secara rutin.

1. Relaksasi Pikiran: Meredakan Stres dan Kecemasan

Sumber: