Tren TikTok Silent Walking, Hobi Jalan Kaki dalam Keheningan tanpa Bantuan Teknologi Digital

Tren TikTok Silent Walking, Hobi Jalan Kaki dalam Keheningan tanpa Bantuan Teknologi Digital

Ilustrasi--

Dengan berjalan tanpa mendengarkan musik atau telepon, dapat memberikan waktu pada pikiran untuk beristirahat dan memberikan ruang bagi diri kita untuk benar-benar menikmati momen sehingga pikiran dapat mengalir bebas dan dapat menenangkan pikiran serta membantu meredakan stres serta kecemasan yang sering kali muncul karena kesibukan sehari-hari.

BACA JUGA:Evolusi Media Sosial, dari Facebook ke TikTok

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Saat melakukan silent walking tanpa gangguan dari gawai, membuat kita lebih peka terhadap perasaan dan kondisi tubuh yang memungkinkan dapat menaruh fokus pada napas, langkah kaki, dan apa yang dirasakan secara keseluruhan serta bisa menjadi semacam meditasi berjalan yang membantu kita lebih memperkuat hubungan dengan diri sendiri dan lingkungan serta mendengarkan kebutuhan tubuh, yang mungkin sering teracuhkan karena kesibukan sehari-hari.

3. Latihan Kesadaran (Mindfulness)

Hobi ini mendorong seseorang untuk "lebih hadir" di momen saat ini dengan memperhatikan setiap langkah dan napas, untuk belajar lebih fokus pada apa yang terjadi di sekitar dan dalam diri, tanpa terganggu oleh pikiran lain.

Kesadaran (mindfulness) yang dilatih melalui silent walking dapat membantu membuat pikiran lebih lega, jernih, dan akhirnya memberikan perasaan tenang.

BACA JUGA:Standar Typing Ganteng Menurut Warga TikTok, Sesuaikah dengan Penulisan yang Seharusnya

4. Meningkatkan Kreativitas

Dengan memberi ruang untuk berpikir, banyak orang menemukan ide-ide baru atau solusi untuk masalah ketika berjalan dalam keheningan.

Selain itu, saat seseorang melakukan hobi ini juga dapat memperhatikan kembali pikiran yang mungkin terlewatkan. 

5. Mendukung Kesehatan Fisik

Tak hanya memberikan manfaat mental, hobi ini juga memiliki manfaat untuk fisik.

Ketika berjalan tanpa gangguan dan konsisten, tubuh kita dapat lebih fokus pada pemulihan. 

Hobi ini merupakan bentuk olahraga ringan yang dapat menjaga kesehatan jantung, penurunan tekanan darah, memperbaiki kadar gula darah, meningkatkan sistem imun tubuh, dan meningkatkan kebugaran tubuh serta peningkatan energi dan ketahanan.

Sumber: