5 Kegiatan Ini Bisa Tingkatkan Literasi, Bahkan Bisa Jadi Hobi Loh!

5 Kegiatan Ini Bisa Tingkatkan Literasi, Bahkan Bisa Jadi Hobi Loh!

--

MEMORANDUM - Literasi secara sederhana diartikan sebagai sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis. Namun, seiring dengan perkembangannya, pemaknaam Literasi semakin luas.

Literasi adalah kemampuan individu dalam menggunakan poternsi dan kemampuan yang dimiliki di dalam hidupnya, dengan kata lain sebagai kemampuan dalam membaca kata dan membaca dunia, alias kondisi saat ini.

BACA JUGA:Punya Hobi Fotografi Ala Retro? Berikut Rekomendasi Kamera Digital yang Wajib Kamu Punya!

Berikut lima kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengasah dan meningkatkan literasi kamu. Karena ringan dan dapat dilakukan sehari-hari, kamu juga menjadikan kegitan-kegiatan ini sebagai hobi loh.

1. Membaca

Tentunya, membaca tidak bisa dipisahkan ketika berbicara tentang literasi. Kegiatan ini meski terlihat sepele dan mudah dilakukan, namun super penting. Karengan dengan membaca, kamu akan mendapatkan informasi, ilmu, pengetahuan dan wawasan-wawasan baru. 

Membaca untuk meningkatkan literasi ini sebenarnya tidak terbatas pada sesuatu. Sehingga, jangan hanya mencukupkan diri dengan membaca karya fiksi seperti cerpen dan novel. Namun, tingkatkan pula dengan membaca tulisan-tulisan non-fiksi. 

Jika membaca buku masih berat, kamu bisa mulai dengan membaca berita dan artikel online. Tentunya seiring berkembangnya waktu, kemampuan membacamu juga harus berkembang. Jika kamu mau menjadikan membaca sebagai hobi, pasti akan lebih mudah mencapainya. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan bahagia, maka hasilnya juga akan lebih sempurna.

BACA JUGA:Mari Intip Hobi Pemain Utama Drama Gyeongsong Creature Season 2, Apa Saja?

2. Menulis

Sama halnya dengan membaca, menulis juga tidak dapat terpisah dengan literasi. Sebetulnya, menulis adalah bentuk perkembangan dari membaca, satu tingkatan di atasnya. Apabila kamu sudah terbiasa membaca, menulis bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Karena menulis itu membutuhkan referensi. 

Jika kamu sudah terbiasa membaca, kamu akan memiliki banyak referensi, sehingga menulis akan menjadi mudah. Menulis juga bisa kamu jadikan sebagai hobi yang sangat bermanfaat. Bahkan, salah satu dampak positif adanya teknologi yang semakin berkembang ini, kamu dapat menulis dengan mudah. Banyak platform-platform digital yang dapat kamu gunakan sebagai sarana menulismu.

Bahkan, kamu bisa membuat blog pribadi dan menulis apapun disana.

3. Menonton

Sumber: