PKL Kedungdoro Menjerit, Proyek Mangkrak Lumpuhkan Ekonomi

PKL Kedungdoro Menjerit, Proyek Mangkrak Lumpuhkan Ekonomi

Tumpukan material proyek saluran di Jalan Kedungdoro, Surabaya. -Arif Alfiansyah-

BACA JUGA:Bonsai UB, Proyeksi Politik Pasca Pemilu, Pakar Sebut Dominasi Jokowi

Senada dengan Billa, Galih berharap proyek ini segera diselesaikan. "Banyak keluarga yang hidupnya bergantung pada pendapatan dari berjualan di sini. Kami mohon agar pemerintah segera mengambil tindakan agar aktivitas ekonomi di sini bisa berjalan kembali," tegas Galih.

BACA JUGA:Rp 81 Miliar Dianggarkan untuk Bebaskan Lahan Proyek Underpass Bundaran Dolog

Galih yang berjualan makanan ini mengaku agar pengerjaan dilakukan secara konsisten. "Kalau bisa jangan loncat-loncat pengerjaannnya, di sini belum selesai sudah pindah-pindah, " cakapnya. 

Galih menambahkan bahwa pemerintah perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap proyek-proyek infrastruktur di kota ini.

"Proyek-proyek pembangunan harus direncanakan dengan matang dan melibatkan masyarakat agar tidak menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan," ujarnya.

BACA JUGA:Komisi C: Proyek Saluran Air Harus Digarap oleh Kontraktor yang Terkualifikasi Baik

Selain PKL, sejumlah toko sparepart juga mengeluhkan hal yang sama. Mulyadi misalnya, ia berharap setelah dilakukan pembongkaran untuk pengerjaan saluran supaya trotoar dibangun seperti semula. 

"Karena ini menyangkut fasilitas bagi pejalan kaki juga, karena di sejumlah titik masih banyak lubang yang belum tertutup dan membahayakan pejalan kaki, " ungkapnya. 

BACA JUGA:Polda Jatim Segera Gelar Perkara Dugaan Proyek Fiktif di PT IMS

Sementara itu Kepala Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Windo Gusman Prasetyo, saat dikonfirmasi menyatakan optimisme proyek akan segera rampung. Namun, ia tidak menyebutkan secara spesifik target waktu penyelesaian proyek tersebut 

BACA JUGA:Proyek Normalisasi di Tandes Dikebut 2 Bulan, 1.000 Ton Sedimen Lumpur bercampur Sampah Berhasil Dikeruk

"Tinggal dikit lagi, kami optimistis proyek ini bisa selesai sesuai target," ujarnya.

BACA JUGA:Lurah Bulak Banteng, Surabaya Putuskan Proyek Pembangunan Saluran Dikerjakan Pokmas

Proyek pembangunan saluran yang saat ini sedang dikebut secara intensif segera dilanjutkan dengan pembangunan trotoar. Integrasi kedua proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur dan memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki. 

Sumber: