Resmikan 4.895 Sambungan Rumah Gratis, Gus Yani Pastikan Pasokan Air Bersih Layak, Aman, dan Terjangkau

Resmikan 4.895 Sambungan Rumah Gratis, Gus Yani Pastikan Pasokan Air Bersih Layak, Aman, dan Terjangkau

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Dirut Perumda Giri Tirta, Kurnia Suryandi meresmikan ribuan sambungan rumah gratis di Duduksampeyan.-Faishal Danny-

GRESIK, MEMORANDUM - Pemenuhan kebutuhan pokok air minum adalah salah satu jenis pelayanan dasar yang harus disediakan oleh pemerintah daerah.

BACA JUGA:Mutasi Polri, Kadiv Propam Irjen Syahar Emban Jabatan Baru Sebagai Kabaintelkam 

Pemerintah Kabupaten Gresik, melalui Dinas Cipta Karya, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (CKPKP) bersama Perumda Giri Tirta berkomitmen terus memperluas cakupan akses air bersih yang layak dan aman.

BACA JUGA:Kapolres di Jatim Mutasi, Siapa Saja? 

Terbaru, sebanyak 4.895 rumah dari 8 desa di Kecamatan Duduksampeyan telah diberi Sambungan Rumah (SR) Gratis, yakni di Desa Sumengko, Sumari, Duduk, Petisbenem, Wadak Lor, Wadak Kidul, Kawistowindu, dan Kemudi.

"Alhamdulillah, tahun ini melalui kolaborasi pembiayaan APBN melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Kementerian PUPR, Dirjen Ciptakarya. Dan dari APBD melalui Dana DAK Dinas PU CKPKP Kabupaten Gresik kita telah mengaliri 8 desa di Kecamatan Duduksampeyan," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat sambang warga di Desa Wadaklor, Duduksampeyan, Kamis 27 Juni 2024.

BACA JUGA:Gerbong Mutasi Polri, Kombespol Farman Jabat Dirreskrimum Polda Jatim 

Gus Yani menyebut, bahwa pasokan air bersih sangat penting. Bahkan diharapkan dalam jangka panjang berdampak dalam peningkatan derajat kesehatan warga. “Air yang disalurkan ini sudah sesuai standar dari Kementerian Kesehatan, jadi layak minum," lanjut dia.

BACA JUGA:Profil dan Jejak Karir Kombes Pol Farman yang Jabat Dirreskrimum Polda Jatim 

Penyediaan SR Gratis ini disambut meriah warga. Betapa tidak, setelah berpuluh-puluh tahun warga harus beli air tangki atau menggunakan air tanah dengan kandungan garam tinggi kini warga bisa merasakan air bersih dengan layak, aman, dan terjangkau.

"Dulu harus beli air tangki, dua kali seminggu," ungkap Alfatun, salah satu warga Desa Wadaklor.

BACA JUGA:Tercantum dalam TR Terbaru Mabes Polri, Perawat Gigi Itu Kembali ke Polda Jatim, Siapakah Dia? 

Kelaiakan dan keamanan air minum memang masih menjadi persoalan di Indonesia. Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga di Indonesia 2020 melaporkan, jika 7 dari 10 rumah tangga di Indonesia menggunakan air yang tercemar bakteri.

Penyediaan akses air yang layak dan aman seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gresik ini, diharapkan bisa mengurangi konsumsi air tercemar itu.

BACA JUGA:Tak Ingin 351.957 Lansia di Surabaya Jadi Beban, Pemkot Rumuskan Kota Ramah Lansia 

Penyediaan akses air, khususnya bagi masyarakat perdesaan, juga sejalan dengan SDG’s atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 6.1. di mana ditargetkan secara global pada tahun 2030 tercapai akses universal dan merata terhadap air minum yang aman dan terjangkau.

BACA JUGA:Kunjungi Kantah Kota Palangka Raya, Menteri AHY Pastikan Urusan Pertanahan dan Tata Ruang Berjalan Baik 

Pada tahun 2024 ini, rencananya akan diteruskan penyambungan di desa-desa lain dengan target sekira sekira 2.575 unit ditambah 588 unit.

BACA JUGA:Menginspirasi! Mahasiswi Berkebutuhan Khsusus di Jember Buka Jastip Gunakan Sepeda Onthel 

"Tahun ini kita  teruskan sampai ke perbatasan Lamongan. Masih diajukan pembiayaan melalui inpres dana DAK. InsyaAllah tahun ini pembangunan reservoir juga berjalan," kata Kurnia Suryandi, Dirut Perumda Giri Tirta.

BACA JUGA:Pisah Sambut Kajari Lamongan Tekankan Sinergi Antar Forkopimda 

Terkait perbaikan pelayanan pelanggan eksisting, Kurnia Sandi mengatakan bahwa Perumda Giri Tirta sudah berusaha meningkatkan dengan melakukan perbaikan pipa-pipa yang bermasalah dengan target 1x24 jam untuk menjaga kontinuitas. Sedangkan untuk kualitas Perumda Giri Tirta melakukan perbaikan di unit produksi agar air tetap sesuai dengan yang diprasyaratkan.

BACA JUGA:Jadi Pemain Asing Keempat, Mohammed Rasyid Resmi Diperkenalkan Persebaya Surabaya 

Pada 2023 Perumda Giri Tirta mencatat lebih dari 12 ribu pelanggan baru. Meningkat 300 persen dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun 2024 ini Perumda Giri Tirta menarget sama bahkan lebih.

BACA JUGA:Gerakan Intervensi Serentak, Jurus Jitu Pemkab Jember Cegah Stunting 

Pada saat ini Perumda Giri Tirta juga berusaha untuk melakukan percepatan agar pelanggan baru tidak mengalami antrean pemasangan yang lama.

BACA JUGA:Rangkaian HUT, Polresta Malang Kota Tanam Pohon dan Tebar Ikan 

Juga untuk keluhan masyarakat tentang kebocoran pipa, air mampet tidak mengalir maka Perumda Giri Tirta Gresik menerjunkan tim khusus Unit Reaksi Cepat (URC), agar bisa teratasi 1x24 jam kecuali jika terjadi kebocoran besar. Tim ini ada di cabang dan masing-masing unit se-Kabupaten. (adv)

Sumber: