Kunjungi Kantah Kota Palangka Raya, Menteri AHY Pastikan Urusan Pertanahan dan Tata Ruang Berjalan Baik

Kunjungi Kantah Kota Palangka Raya, Menteri AHY Pastikan Urusan Pertanahan dan Tata Ruang Berjalan Baik

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono foto bersama jajaran Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya.-Sujatmiko-

PALANGKA RAYA, MEMORANDUM - Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Tengah, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Palangka Raya pada Kamis, 27 Juni 2024. AHY berkeliling meninjau seluruh ruangan dan menyapa jajaran kantor pertanahan.

BACA JUGA:Polresta Sidoarjo Amankan 70 Tersangka Selama Dua Pekan

Menteri ATR/Kepala BPN berpesan kepada jajaran Kantah Kota Palangka Raya agar memastikan rencana detail tata ruang (RDTR) yang dikerjakan pemerintah daerah berjalan sesuai target.

BACA JUGA:Menginspirasi! Mahasiswi Berkebutuhan Khsusus di Jember Buka Jastip Gunakan Sepeda Onthel

“RDTR penting sekali dan sangat dibutuhkan bagi para investor untuk bisa mengembangkan usaha atau bisnisnya di Kalimantan Tengah. Jadi, itu harus kita kejar secara baik, bekerja sama dengan stakeholder lainnya," ujar AHY.

Selain itu, AHY mendorong percepatan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

BACA JUGA:Audiensi KPU-Kodim Bojonegoro Siap Sukseskan Pilkada Serentak

"Kemudian kita akan terus mengejar target PTSL. Kita berharap Kota Palangka Raya berstatus Kota Lengkap, artinya semua bidang secara spasial sudah terpetakan, sudah terdata dengan baik, mengurangi potensi sengketa, konflik, dan menutup celah praktik mafia tanah,” tegasnya.

BACA JUGA:Pisah Sambut Kajari Lamongan Tekankan Sinergi Antar Forkopimda

Kunjungan ke Kantor Pertanahan dan Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia bertujuan memastikan kebijakan-kebijakan Kementerian ATR/BPN berjalan dengan baik. Selain itu, Menteri AHY ingin mendengar langsung permasalahan serta tantangan yang dihadapi jajaran daerah dalam menjalankan program-program strategis.

BACA JUGA:Lantik 23 Pejabat Manajerial, Kakanwil Kemenkumham Jatim Ajak Wujudkan Good and Clean Governance

“Bagi saya, cara paling cepat untuk memahami permasalahan adalah dengan berkunjung langsung. Tidak ada yang bisa menggantikan dialog tatap muka secara langsung. Sekaligus saya bisa mengukur apakah kebijakan di tingkat pusat sudah dijalankan dengan baik,” tutur AHY.

BACA JUGA:Rangkaian HUT, Polresta Malang Kota Tanam Pohon dan Tebar Ikan

Para pegawai Kantah Kota Palangka Raya juga diimbau senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Semangatnya adalah setiap saat ATR/BPN harus semakin bisa melayani publik dengan profesional dan juga humanis,” ungkap AHY.

BACA JUGA:Proyek Pembangunan IGD RSUD dr. Haryoto Lumajang Dijadwalkan Rampung dalam 200 Hari

Kedatangan Menteri AHY disambut Kepala Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya, Yono Cahyono. Turut mendampingi Staf Ahli Menteri Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, serta Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Tengah, Elijas B. Tjahajadi. (*)

Sumber: