Belasan Guru di Tulungagung Ikut Rakor Advokasi Pemda dan Satuan Pendidikan Optimalkan Akun belajar.id

Belasan Guru di Tulungagung Ikut Rakor Advokasi Pemda dan Satuan Pendidikan Optimalkan Akun belajar.id

Penyelenggara kegiatan bersama narasumber dan para peserta. -Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Belasan guru dari satuan jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, SMP, serta SKB/PKBM di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, antusias menjadi peserta dalam kegiatan Advokasi Pemerintah Daerah (Pemda) dan Satuan Pendidikan untuk Optimalisasi belajar.id tahun 2024.

BACA JUGA:Dua Spesialis Curanmor Ditangkap Polsek Semampir, Hasil Curian Dijual ke Madura 

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 13 sampai 15 Juni 2024 di gedung SDN IV Kampungdalem Kabupaten Tulungagung.

BACA JUGA:Polsek Temayang Apel Pagi Bersama Anggota Sekaligus Mitigasi Penyalahgunaan Handphone 

Data dihimpun, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan aktivitas akun belajar.id, guna sinkronisasi dengan program merdeka mengajar.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Lakukan Patroli Dialogis Jaga Keamanan 

Selanjutnya, selain untuk meningkatkan aktivitas itu, akun belajar.id juga bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar lainya. Mulai dari mengakses platform Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

BACA JUGA:Pemain Berkualitas Datang, Paul Munster: Saya Akan Membuat Suporter Bersemangat 

Sebagai narasumber kegiatan yakni dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jatim Drs Dodik Haryadi SPd MPd. Sedangkan pengarah dari kabupaten adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Rahadi Puspita Bintara, dalam hal ini diwakilkan ke Kepala Bidang Pembinaan Kepegawaian Kurikulum Bahasa dan Perijinan (PKKBP), Muyanto MPd.

BACA JUGA:Perkuat Pengendalian Inflasi, Pemkab Jember Lakukan Lima Hal Ini 

"Terkait pelaksanaan kegiatan Advokasi Pemerintah Daerah dan Satuan Pendidikan untuk Optimalisasi belajar.id perlu kami sampaikan, bahwa pembiayaan kegiatan pendampingan ini ditanggung oleh Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (DIPA BBPMP) Provinsi Jawa Timur tahun 2024," ujar Muyanto, Rabu 19 Juni 2024.

BACA JUGA:Polres Jember Dekatkan Pelayanan Masyarakat Pedesaan Sambut HUT Ke-78 Bhayangkara 

Dijelaskan olehnya, untuk kabupaten/kota hanya sebagai tempat kegiatan sekaligus mencari peserta saja. Termasuk teknik pelaksanaan dan susunan acara, semua dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Jatim.

BACA JUGA:Sempat Membantai 8-2, Mampukah Hansi Flick Menuntun Barca Menuju Kejayaan? 

"Kegiatan di atas dilaksanakan serentak di 38 kabupaten/kota se- Jatim. Kemudian untuk peserta dari Tulungagung antara lain 3 orang guru dari jenjang pendidikan PAUD/TK, jenjang SD 5 orang guru, jenjang SMP 5 orang guru, dan dari PKBM 2 orang guru," paparnya.

BACA JUGA:Arda Guler Pemain Real Madrid Catat Sejarah sebagai Pencetak Gol Termuda di Euro 2024 

Lebih rinci pihaknya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini pertama bahwa, tranformasi digital pada pemda pada satuan pendidikan dapat maksimal dengan pemanfaatan akun belajar.id bagi guru dan seluruh siswa. Selanjutnya berbagi praktek, baik dalam pemanfaatan akun belajar.id bagi guru dan seluruh siswa. Dan terakhir penyusunan tindak lanjut yang akan dilakukan oleh seluruh peserta rakor.

BACA JUGA:Persebaya Rayakan HUT Ke-97, Beri Dukungan Kesembuhan hingga Tiket Terusan Semusim ke Bayi Baru Lahir 

Muyanto berharap, seluruh peserta bisa memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin. Sehingga ilmu yang didapatkan berguna untuk diterapkan di tempat kerja masing-masing. (*/adv)

Sumber: