Perkuat Pengendalian Inflasi, Pemkab Jember Lakukan Lima Hal Ini

Perkuat Pengendalian Inflasi, Pemkab Jember Lakukan Lima Hal Ini

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto ST., IPU., ASEAN Eng., pimpin Sirambo di Kantor OJK Jember-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto ST., IPU., ASEAN Eng., bersama jajaran forkopimda dan OPD terkait melakukan kegiatan rutin Rapat Koordinasi Sinergi dan Kolaborasi mingguan setiap hari Rabo (Si Rambo). Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor OJK Jember pada Rabu 19 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendy menguraikan kegiatan yang dilaksanakan selama seminggu terakhir. Menurutnya, Pemkab Jember bersama stakeholder terkait juga telah mengambil langkah antisipatif untuk kelancaran pelaksanaan Idul Adha dan pengendalian inflasi.

“Kami telah melaksanakan sidak dan monitoring hewan kurban termasuk ketersediaan hewan kurban melalui dinas terkait. Selain itu, juga mengecek kondisi hewan kurban agar masuk pada kategori ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal),” terang Hendy.

Sesuai arahan Presiden pemerintah daerah diminta untuk melakukan pengendalian harga kebutuhan pokok untuk mencegah terjadinya inflasi, salah satu yang harus dilakukan adalah harus memperkuat produksi pangan melalui optimalisasi pemanfaatan infrastrukur.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Iduladha, Pemkab Jember Geliatkan Pasar Murah

“Kami melalui dinas terkait yakni Dinas Pegairan untuk melakukan upaya terobosan guna mengantisipasi dampak perubahan iklim, mengakselerasi penerapan dana hilirarisasi pertanian, yang ketiga mendorong infestasi untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian, ke empat mendukung rantai pasok antar daerah dan yang ke lima adalah memperkuat sinergi dan pondasi antar lembaga ditingkat pusat dan daerah guna mendukung upaya pengendalian inflasi,” tuturnya orang nomor satu di Jember itu.

Si Rambo ini perdana dilakukan setelah Idul Adha. Program Si Rambo merupakan wadah untuk bertukar pikiran dan pendapat terkait persoalan di Kabupaten Jember termasuk juga ajang silaturahmi antar instansi.

“Di H+3 Idul Adha alhamdulilah harga tetap stabil meski di beberapa pasar ada perbedaan harga namun masih dalam batas wajar, dan tidak ada gejok kenaikan yang signifikan, " tambah Bupati,” tandasnya. (eko)

Sumber: