Bupati Hendy Instruksikan OPD Tertibkan Penyaluran Tabung Gas Elpiji 3 Kg

Bupati Hendy Instruksikan OPD Tertibkan Penyaluran Tabung Gas Elpiji 3 Kg

Program rutin Sirambo di Kebun Banjarsari Kecamatan Bangsalsari. -Biro Jember -

JEMBER, MEMORANDUM - Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU ASEAN Eng, kembali menggelar rapat rutin Sirambo di Kebun Banjarsari, Kecamatan Bangsalsari, Rabu 12 Juni 2024. Program Sirambo ini merupakan wadah untuk bertukar pikiran dan pendapat terkait persoalan di Kabupaten Jember termasuk juga ajang silaturahmi antar instansi.

BACA JUGA:Pria Sidoarjo Ditemukan Tewas di Kamar Hotel Wonokerto 

Dalam rapat kali ini Bupati Hendy membahas terkait ketersediaan bahan pangan dan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Iduladha. Salah satunya adalah persoalan ketersediaan tabung gas elpiji 3 kg yang menjadi topik utama pembahasan.

“Saat ini yang sedang menjadi persoalan penting adalah bagaimana penyaluran tabung gas elpiji 3 kg bisa tepat sasaran,” ujar Bupati Jember tersebut.

BACA JUGA:Musim PPDB, Ratusan Wali Murid Mengantre di Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung 

“Ketersediaan tabung gas elpiji 3 kg sebenarnya di peruntukkan bagi warga yang tidak mampu atau usaha mikro. Namun yang terjadi di lapangan ada salah satu pengusaha yang sehari menghabiskan 60 tabung. Itu tentu saja tidak boleh,” tutur Bupati Hendy.

Berdasarkan data Pertamina, jatah Kabupaten Jember adalah sebanyak 62.000 dalam sehari. Namun dalam praktik penyalurannya, tabung gas elpiji tersebut tidak sampai sehari sudah habis. Bahkan di tambah 25.000 tabung gas elpiji hanya mampu bertahan satu setengah hari saja.

BACA JUGA:Irjen Kemensos dan Satgassus Polri ke Lamongan Monev Program BPNT dan PKH Bukan Penggeledahan 

Untuk itu pihaknya menginstruksikan kepada Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) serta Dinas Koperasi (Diskop) untuk mengawal dan mengingatkan agar penyaluran tabung gas elpiji 3 kg yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu tepat sasaran.

"Selama 5 hari ke depan, OPD, instansi, dan stakeholder terkait perlu turun ke agen elpiji, pedagang, dan pegiat UMKM dan mengingatkan serta menginformasikan tentang regulasi pembelian tabung gas elpiji 3 kg," tegasnya.

“Kami akan melakukan pendataan atau pencocokan data pengguna tabung gas elpiji 3 kg agar lebih tepat sasaran yaitu hanya pengguna yang telah terdata yang dapat membeli tabung gas elpiji 3 kg, agar subsidi yang diberikan pemerintah dapat dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat yang kurang mampu,” tambahnya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Luncurkan Aplikasi Si-Trust, Pertama di Jatim 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Jember KH MB Firjaun Barlaman dan jajaran Forkopimda Kabupaten Jember. (*)

Sumber: