Jawer 2 : Petualangan Offroad Bangkitkan Wisata Jember

Jawer 2 : Petualangan Offroad Bangkitkan Wisata Jember

Kepala Dinas Pariwisata Bambang Rudi, didampingi Ketua Panitia David Handoko Seto Lepas Peserta Jawer 2--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Kabupaten Jember kembali memanjakan para pecinta petualangan dengan menggelar Jawer 2 Jeep Trail Wisata Jember. Event tahunan ini menjadi ajang bagi para peserta untuk menjelajahi keindahan alam Jember, khususnya di kawasan lereng Gunung Argopuro.

Dilaksanakan dua hari pada hingga Minggu Sabtu 21-22/September 2024. Jawer 2 diikuti oleh sekitar 125 peserta yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Jember, Banyuwangi dan sekitarnya. Mereka dengan semangat berkumpul di depan Kantor Bupati Jember Jl Sudirman untuk memulai petualangan seru menyusuri jalur off-road sejauh kurang lebih 100 kilometer.

BACA JUGA:Diklat Pencinta Alam di Gunung Argopuro, Mahasiswi Asal Kalimantan Meregang Nyawa

Bambang Rudi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, mengungkapkan harapan besarnya terhadap event ini.

"Jawer 2 tidak hanya sekadar ajang adu ketangkasan, tetapi juga menjadi sarana promosi potensi wisata di Jember. Kami ingin masyarakat luas mengetahui bahwa Jember memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan belum banyak terjamah," ujar  Kepala Dinas Kabupaten Jember. Sabtu 21 September 2024.

Sepanjang perjalanan, peserta diajak untuk menikmati keindahan alam Jember yang masih asri. Beberapa spot menarik yang menjadi tujuan dalam event ini antara lain kawasan 7 Bidadari dan hutan pinus Garahan. Peserta juga diharuskan membuat Video vlog untuk mendokumentasikan perjalanan mereka dan mempromosikan destinasi wisata yang dikunjungi.

"Sehingga mereka bisa mempromosikan tempat-tempat wisata tersebut agar kunjungan wisata dari luar kota lokal dan nasional ini semakin banyak kemudian yang kita harapkan yang kedua adalah pembuatan rute baru dari jalur destinasi wisata, sebagai pemicu multiplayer efek yaitu kebangkitan ekonomi kerakyatan, " 

BACA JUGA:Disparbud Jember: Desa Wisata Potensi Besar, Pengembangan Terbatas

BACA JUGA:BPBD Jember: Pantai Payangan Tidak Layak untuk Berenang, Wisatawan Diminta Waspada!

Menurut Rudi, dengan adanya wisatawan yang datang otomatis masyarakat setempat akan berkreasi dan berinovasi. Mereka akan membangun homestay Mereka akan ikut pelatihan-pelatihan hospitality mereka akan membuat sajian-sajian kuliner yang khas di daerahnya kemudian mereka juga akan memanfaatkan transportasi tradisional ojek dan lain-lainnya.

"Tentunya sebagai kebangkitan dari wisata ini yang kita harapkan adalah berkurangnya angka kemiskinan dan juga pengangguran. "pungkasnya 

BACA JUGA:Sirambo Kolaborasi Yang Konfrensif Digelar di Tempat Wisata Alam Air Terjun 7 Bidadari

BACA JUGA:Disparbud Jember Pantai Papuma Jadi Jujugan Wisata Favorit Selama Masa Libur Lebaran

Sementara David Handoko Seto, sebagai Ketua Panitia Jawer 2, menjelaskan bahwa event ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sumber: