Sakit Hati Tak Terima Bantuan Sembako, Kakek di Jember Curi Beras untuk Makan

Sakit Hati Tak Terima Bantuan Sembako, Kakek di Jember Curi Beras untuk Makan

Terduga pelaku menjalani pemeriksaan di Mapolsek Bangsalsari. -Edi Winarko-

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID – Warga Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, JEMBER, ditangkap anggota Polsek Bangsalsari atas dugaan pencurian beras bantuan pangan yang disimpan di Kantor Desa Gambirono. Terduga pelaku inisial SS (59), tertangkap basah setelah terekam CCTV saat mencuri beras yang diperuntukkan bagi warga.

BACA JUGA:Penambangan, Segodobancang dan Gedangrowo Digelontor Bantuan Beras

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu, 12 Oktober 2024, sekitar pukul 16.00 WIB, saat pelapor AF (59) datang ke kantor desa dan melihat sesuatu yang mencurigakan. CCTV kantor desa ditutup dengan plastik sehingga menimbulkan kecurigaan AF.

 BACA JUGA:196 Warga Tempel Krian Dapat Bantuan Beras 10 Kg

Setelah diperiksa lebih lanjut, AF mendapati pintu ruang penyimpanan beras bantuan pangan sedikit terbuka dan kuncinya terbuka paksa. Saat memasuki ruangan, AF mendapati 11 karung beras bantuan pangan seberat 10 kilogram telah hilang.

BACA JUGA:237 Warga Bakungtemenggungan Balongbendo Dapat Beras 10 Kg

Merasa dirugikan, AF pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bangsalsari. Atas laporan tersebut, Reskrim Polsek Bangsalsari langsung melakukan penyelidikan. Berbekal rekaman CCTV, polisi menangkap SS di rumahnya pada hari yang sama sekitar pukul 20.00 WIB. 

BACA JUGA:Pastikan Bantuan Tepat Sasaran, Babinsa Umbul Kawal Pendistribusian Beras kepada Warga

Dari hasil penggeledahan di kediamannya, ditemukan barang bukti sebagian beras bantuan hasil curian yang dijual kepada SWN (53) yang juga warga Bangsalsari.

BACA JUGA:Ratusan KPM Desa Bungur Terima Beras dari Dinas Ketahanan Pangan Tulungagung

Dalam pemeriksaan awal, SS mengaku telah mencuri beras bantuan pangan sebanyak tiga kali, yakni pada Juli 2024 sebanyak 8 karung, Agustus 2024 sebanyak 10 karung, dan Oktober 2024 sebanyak 11 karung. Total beras yang dicuri pelaku sebanyak 29 karung dengan berat masing-masing karung 10 kilogram dan mengakibatkan kerugian Rp 3.190.000.

BACA JUGA:Warga Rentan Pangan Desa Mojoagung Lega Mendapat Bantuan Beras

Kapolsek Bangsalsari Iptu Joko Sumargo menyatakan motif pelaku melakukan aksinya itu karena dendam setelah beberapa bulan tidak mendapatkan bantuan sembako.

BACA JUGA:Berat 1 Ton, Sapi Kurban Presiden Jokowi yang Disembelih di MAS Berasal dari Lamongan

Sumber: