Pemkab Tulungagung Luncurkan Aplikasi Si-Trust, Pertama di Jatim

Pemkab Tulungagung Luncurkan Aplikasi Si-Trust, Pertama di Jatim

Pj Bupati Heru Suseno, Kepala Dinas PUPR Dwi Hari Prasetyo bersama pejabat terkait saat launching Aplikasi Si-Trust.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Pemkab Tulungagung melalui Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung (Si - Trust).

Launching Si-Trust dilakukan pada Selasa 11 Juni 2024, dihadiri Pj Bupati Tulungagung, Kepala Dinas PUPR Tulungagung, sejumlah pimpinan OPD dan Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Tulungagung.

Aplikasi Si- Trust merupakan terobosan Dinas PUPR Tulungagung, dengan menciptakan aplikasi yang bisa dioperasikan melalui handphone android. Di mana penggunanya bisa melihat dan mengetahui status suatu lokasi bidang tanah dalam sistem tata ruang sesuai dengan Peraturan Daerah Pemkab Tulungagung yang telah berkekuatan hukum.

Aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat maupun calon investor saat akan membeli maupun menggunakan bidang tanah untuk kepentingan tertentu. Seperti untuk perkantoran dan perusahaan maupun kegunaan lainnya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Luncurkan Pusat Pembelajaran Kualitas Kebijakan Publik, Puja Kanda

Di hadapan tamu undangan, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno mengatakan aplikasi Si- Trust memberikan kemudahan kepada masyarakat dan calon investor untuk melihat langsung tata ruang di Kabupaten Tulungagung.

Tidak hanya itu saja, sebab masyarakat juga bisa mencetak keterangan kondisi bidang tersebut, sebagai acuan untuk mengurus proses perizinan di lembaga yang memerlukannya.

"Ini terobosan yang membuat masyarakat dan calon investor semakin mudah untuk mengetahui lokasi dan bidang yang diincar, sehingga tidak menyalahi aturan tata ruang yang ada," ujarnya.

Kemudahan akses informasi soal tata ruang suatu wilayah seperti ini, menurut Pj Bupati Heru adalah langkah maju dan kemudahan, serta wujud transparansi di era digital seperti ini. Sebab masyarakat bisa dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi tata ruang pada satu bidang yang diinginkan.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Penilaian Kinerja Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi 2024

Heru mengakui, belum banyak kabupaten maupun kota yang sudah menggabungkan informasi tata ruang dalam aplikasi seperti ini. Sehingga ke depan, pihaknya berharap aplikasi Si -Trust bisa memberikan manfaat untuk masyarakat luas, tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung, Dwi Hari Prasetyo mengatakan, sampai saat ini baru beberapa kabupaten yang sudah memiliki aplikasi serupa. Yakni Kabupaten Badung di Provinsi Bali, dan satu lagi di wilayah Bandung Barat. Sedangkan di Provinsi Jawa Timur, baru Kabupaten Tulungagung yang memilikinya.

"Memang belum banyak yang punya, tapi sudah ada beberapa di Indonesia, seperti di Badung dan ada lagi di Bandung Barat," ungkapnya.

Dwi Hari merinci, pihaknya perlu waktu sekitar dua bulan untuk bisa menggabungkan beragam informasi yang disusun sebagai inti dari aplikasi Si -Trust.

Sumber: