Cara Atasi Disk Unknown Not Initialized HDD pada Windows

Cara Atasi Disk Unknown Not Initialized HDD pada Windows

Kendala disk tidak terbaca dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti bad sector, malware, file sistem yang corrupt, atau Master Boot Record (MBR) yang rusak.--Unsplash

MEMORANDUM - Pernahkah Anda mengalami masalah dengan hard disk eksternal yang muncul sebagai "Disk Unknown, Not Initialized" di Windows?

Masalah ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti hard disk baru yang belum diformat, hard disk yang terkorupsi, atau masalah pada driver.

Kendala disk tidak terbaca dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti bad sector, malware, file sistem yang corrupt, atau Master Boot Record (MBR) yang rusak. Solusi untuk disk yang tidak terbaca ini bervariasi tingkat kesulitannya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka Disk Management dan mencari disk yang tidak ter-initialized. Jika volume disk masih terbaca, solusi yang mudah dapat diterapkan.

Namun, jika volume disk tidak terbaca, solusi yang lebih kompleks diperlukan.

Pada kasus ini, disk internal harus dicabut dari kabel SATA dan powernya, kemudian dihubungkan kembali untuk mengecek apakah ada kesalahan pada koneksi ke motherboard.

BACA JUGA:Hipotesis Nick Bostrom: Apakah Kita Hidup di Dalam Komputer Super?

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop Murah bagi Pelajar, Kamu Wajib Tahu

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini:

1. Initialize Ulang Harddisk

Pertama buka Disk Management tempat kamu mengecek kondisi disk tadi lalu kalian bisa membukanya lewat dengan mengetik Windows + R lalu ketik compmgmt.msc setelah itu  pilih disk management. lalu Cari disk yang unallocated lalu klik kanan disk tersebut dan initialize MBR atau GPT.

Namun perlu diperhatikan kalau cara ini akan menghapus seluruh data yang ada didalam HDD tersebut. Jadi saran saya pastikan tidak ada data penting dalam disk tersebut sebelum memulai lakukan proses initialize.

2. Rebuild Partisi MBR (Master Boot Record)

MBR, atau Master Boot Record, adalah bagaikan kompas bagi disk komputer Anda. Ia mengatur berbagai hal penting terkait disk, seperti lokasi sistem operasi dan partisi-partisi yang ada. Namun, MBR tak luput dari kerusakan, entah karena serangan malware, arus listrik tak stabil, atau kesalahan pengoperasian.

Jika Anda mendapati disk yang tidak terbaca karena MBR rusak, jangan panik! Ada solusinya, yaitu dengan bantuan MiniTool Partition Wizard, aplikasi populer untuk mengatur partisi di komputer.

Caranya jalankan aplikasi dalam pilihan disk yang tidak terbaca dan klik Rebuild MBR, Jika proses selesai, maka disk akan terbaca dan kamu sudah mengakses data dalam disk komputer.

3. Backup Data ke Disk komputer Lain

Umur HDD yang sudah mencapai masanya umurnya pasti akan tidak terbaca atau corrupt. Jika tanda-tanda seperti itu sudah terjadi, maka lebih baik mengambil langkah lebih cepat dengan memindahkan datanya ke tempat lain. Kamu bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti EaseUs Data Recovery Wizard.

Tinggal buka aplikasinya, pindai file yang ada di disk tersebut lalu pulihkan data dalam disk tersebut ke disk lain. Selanjutnya, proses mengikuti poin pertama di atas yaitu meng-initialize disk yang unallocated.

4. Perbaiki Driver HDD

Terkadang ada juga yang masalahnya terletak pada driver disk yang rusak dan bukan karena kerusakan fisik. Cara atasinya adalah dengan memperbaiki driver disk tersebut atau juga merestart hardisk tersebut.

Carana Pertama buka device manager. Tekan kombinasi tombol Windows + R lalu ketikkan devmgmt.msc untuk membuka device manager.

Cari disk yang tidak terbaca tadi dan klik kanan lalu pilih update driver. Pilih search automatically dan biarkan perangkat mencari driver terbaru yang tersedia untuk disk tersebut. Jika proses selesai maka silakan boot ulang PC kamu.

Jadi itulah beberapa cara untuk memperbaiki Disk tidak terbaca di Windows PC. Apakah informasi ini membantu kamu? Kendala paling parah apa yang pernah kamu alami. (mg20)


Sumber: