Kasus Siswi SMK Dihamili Guru, Senator Jatim Dorong Penegakan Hukum Sampai Tuntas

Kasus Siswi SMK Dihamili Guru, Senator Jatim Dorong Penegakan Hukum Sampai Tuntas

Lia Istifhama--

“Kebiri adalah upaya abolisionistik kejahatan seksual. Kebiri ini bukan lagi penting tapi harus sesegara mungkin karena kita bicara dampak berkelanjutan yang dialami korban. Bukan hanya trauma, tapi korban kehilangan masa depan yang semestinya ingin mereka miliki sesuai mimpi mereka. Belum lagi dampak psikologis yang juga dialami keluarga besar. Apalagi jika korban sampai melahirkan, maka panjang sekali dampaknya,” paparnya.

BACA JUGA:Profil Lia Istifhama yang Laporkan Kondang Kusumaning Ayu ke Bawaslu

Terakhir, Lia secara tegas menyebut bahwa hukuman seberat-beratnya pada pelaku pun, tidak bisa menutupi semua luka yang dialami korban.

“Sebenarnya, sebesar apapun hukuman bagi pelaku, tidak bisa mengimbangi atau menutupi semua luka yang dialami korban. Namun karena kejahatan amoral yang dilakukan pelaku memang sudah menjadi fenomena yang nyata, maka mau tidak mau kita hanya bisa bicara penegakan hukum yang tegas dan tuntas. Sembari marilah kita selalu menguatkan korban asusila dimanapun mereka berada. Stop stigma suka sama suka, itu tidak ada. Jangan pernah menyalahkan korban,” tuntas Lia. (bin)

Sumber: