Polemik Jam Operasional Warung Madura, Senator Lia Istifhama: Harus Beri Kesempatan Sama

Polemik Jam Operasional Warung Madura, Senator Lia Istifhama: Harus Beri Kesempatan Sama

Lia Istifhama.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Keberadaan Warung Madura menjadi perhatian publik. Terlebih setelah muncul aturan di wilayah tertentu yang menerbitkan perda terkait pembatasan jam operasional warung kelontong.

BACA JUGA:Raih Suara Terbanyak Nasional New Comer Senator Perempuan, Ning Lia: Berkat Kekuatan Doa dan Kebaikan

Situasi pun semakin menyita atensi publik usai Kementerian Koperasi dan usaha kecil menengah (KemenkopUKM) meminta warung kelontong termasuk Warung Madura untuk mengikuti aturan jam operasional yang ditetapkan pemerintah daerah. Yakni, dengan tidak buka selama 24 jam. 

BACA JUGA:Viral Gaungkan Peran Cantik Tolak Beauty Privilege, Ning Lia Panen Positive Vibes

Tak ayal, gelombang dukungan kepada Warung Madura pun mengalir. Di antaranya datang dari IKA PMII Sumenep dan para legislator. Hal yang sama pun disuarakan oleh senator terpilih asal Jatim Dr Lia Istifhama atau Ning Lia.

BACA JUGA:Ini Makna Tulus Fokus Tembus Yang Digaungkan Calon DPD RI Ning Lia, Putri Mantan Komandan Banser

“Penerapan aturan harus adil dan pro wong cilik, dong. Jangan sampai yang merupakan pengejawantanhan usaha produktif rakyat, justru terkekang dengan aturan tertentu yang ternyata aturan tersebut tidak diberlakukan pada sektor usaha yang ditekuni masyarakat kecil,” kata Ning Lia, Jumat, 26 April 2024.

BACA JUGA:Banyak Masyarakat Jadi Korban Bujuk Rayu, Ning Lia: Advokat Sejati Membela yang Benar

Ning Lia lantas mengajak pemerintah blak-blakan soal jumlah minimarket yang buka 24 jam. Menurutnya, ada banyak. Dirinya lantas mempertanyakan hal tersebut.

BACA JUGA:Dampingi Ibu Hamil Yang Ditinggal Suami, Ning Lia: Perempuan Berhak Dilindungi

“Kenapa mereka bisa buka sedangkan warung kelontong tidak bisa? Kita fokus praktik lapangan saja ya, sekalipun ada aturan Permendag nomor 23 tahun 2021 soal jam operasional minimarket, kenyataannya masih banyak yang buka di luar jam operasional,” tegasnya.

BACA JUGA:Terbitkan Buku Ketujuh Berkisah Tentang Hati, Ning Lia Sisipkan Banyak Pesan Motivasi

Isu usaha kelontong, termasuk Warung Madura yang kini terbentur jam operasional, bagi Ning Lia harus dikaji lebih dalam.

Menurutnya, perda ataupun aturan harus mempertimbangkan aspek manfaatnya. Juga perlu dicek di masyarakat, apakah mereka terganggu dengan keberadan warung kelontong seperti Warung Madura tersebut.

Sumber: