Pemilik Bondet Pernah Dekat dengan Husen Zakaria

Pemilik Bondet Pernah Dekat dengan Husen Zakaria

Petugas memeriksa sisa bahan peledak jenis bondet dari reruntuhan bangunan gudang milik Mad Cong di Ngemplakrejo, Kota Pasuruan.-Biro Pasuruan-

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati yang turut mendampingi tim dari Polda Jatim pada saat olah TKP menyatakan bahwa yang meledak di dalam gudang penyimpanan ikan asin tersebut adalah bom ikan alias Bondet. Mempunyai hulu ledak rendah (low explosive).

Pada saat oleh TKP di dalam gudang, petugas gabungan menemukan beberapa bahan yang diduga sebagai campuran untuk merakit bondet di dalam gudang penyimpanan ikan asin tersebut. Di antaranya 10 kilogram photasium clorate, 21 kilogram belerang, kilogram serbuk arang, 4 kilogram serbuk alumunium, 0,5 kilogram serbuk kayu, dan 1 kilogram cat brown. 

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Siagakan 60 Petugas Imigrasi di Asrama Haji Sukolilo Layani CJH

Petugas juga menemukan alat bukti lainnya yang dipergunakan untuk merakit bondet. Yakni 1 wajan penggorengan, 1 buah centong, 1 buah lumpang, 1 rol tali plastik,1 buah gunting, serta 1 lembar terpal.

"Kita tidak temukan bahan atau serbuk lain kecuali bahan untuk membuat bondet. Jadi yang meledak ini adalah jenis bondet yang ledakannya low explosive," kata Makung, Minggu, 12 Mei 2024. 

BACA JUGA:Stadion GBT Surabaya Akan Menjadi Venue Piala AFF U-19

Kapolresta menegaskan jika petugas menemukan banyak sisa bahan campuran pembuatan bondet. 

"Diduga bondet yang meledak tersebut adalah rakitan korban sendiri," tegasnya. (*)

Sumber: