Pemilik Bondet Pernah Dekat dengan Husen Zakaria

Pemilik Bondet Pernah Dekat dengan Husen Zakaria

Petugas memeriksa sisa bahan peledak jenis bondet dari reruntuhan bangunan gudang milik Mad Cong di Ngemplakrejo, Kota Pasuruan.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Polres Pasuruan Kota terus mendalami kasus meledaknya bondet di gudang milik Achmad atau Mad Cong di Ngemplakrejo, Kota Pasuruan. Selain itu, Polisi juga memeriksa beberapa orang yang dianggap memahami kasus tersebut. Salah satunya adalah istri korban, SU. 

Dari hasil pemeriksaan kepada SU, ia mengatakan jika suaminya tersebut sebelumnya pernah dekat dengan Husen Zakariya (44). Korban oleh Husen sering disuruh berbelanja bahan untuk kebutuhan pembuatan bom ikan rakitan jenis bondet.

BACA JUGA:Pemilik Bondet di Pasuruan Tewas, Polda Jatim Terjunkan Tim Jibom

Husen sendiri merupakan pemilik gudang yang juga menjadi korban tewas saat ledakan bondet pada 19 Februari 2023. Saat itu, Husen menjadi korban bersama rekannya lagi, yakni Syaiful (43). Husen menjadi korban ledakan bondet di gudangnya sediri di Jalan RE Marthadinata XX, Kelurahan Ngeplakrejo. 

Antara rumah Husen dengan Mad Cong juga tidak terlalu jauh. Masih satu kelurahan, hanya dipisahkan dengan jalan. Nah, pasca kejadian tersebut, menurut sang istri, semenjak saat itu Mad Cong tidak lagi dekat dengan keluarga Husen.  

BACA JUGA:Bondet Kembali Meledak di Kota Pasuruan, Ditemukan Potongan Tubuh Manusia

Meskipun demikian, polisi masih menghubungkan antara ledakan di Jalan RE Marthadinata XX pada Februari 2023 dengan ledakan Jumat, 10 Mei 2024. Apakah masih ada kaitan erat? Pasalnya antara korban dengan Husen pernah dekat perihal rakitan bondet.

"Dari keterangan istri korban mengatakan ia sama sekali tidak menyangka jika suaminya menyimpan bondet di dalam gudang," ujar Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati

Istri korban dalam pengakuannya kepada Satreskrim mengatakan pada saat sebelum terjadi ledakan di dalam gudang, ia disuruh suaminya membeli solar. Karena saat itu, suaminya akan berangkat melaut. Setelah istrinya datang dengan membawa solar kemudian diletakkan di gudang. Sementara korban mempersiapkan peralatan melaut. 

BACA JUGA:Transaksi via Aplikasi, 4 PSK Diciduk di Vila

SU sendiri setelah meletakkan solar dalam jeriken kembali ke rumah. Namun hanya berselang 10 menit kemudian, terdengar suara booom! Ledakan keras dari dalam gudang hingga menimbulkan kepanikan dirinya dan warga setempat.

Sebagaimana berita sebelumnya, warga di Dusun Tegal Pongo, Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Jumat, 10 Mei 2024 malam dikejutkan oleh suara ledakan yang diduga bondet. 

Suara ledakan itu berasal dari gudang penyimpanan ikan asin milik Achmad atau Mad Cong (48). Suara ledakan sampai terdengar di Alun-Alun Kota Pasuruan. Akibat ledakan tersebut, satu korban dinyatakan tewas yakni pemilik gudang Mad Cong. Bahkan beberapa potongan daging korban berserakan di lantai gudang. 

BACA JUGA:Bandit Curanmor Purwodadi Digulung

Sumber: