Beri Kontribusi Peningkatan Derajat Kesehatan, Plt KaDinkes Lamongan Kukuhkan KMSL

Beri Kontribusi Peningkatan Derajat Kesehatan, Plt KaDinkes Lamongan Kukuhkan KMSL

DPP Komunitas Mobil Sehat Lamongan (KMSL) periode 2024/2027 telah dikukuhkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dr Moh Chaidir Annas di aula Lesung si Panji Dinkes Lamongan.-Biro Lamongan -

LAMONGAN, MEMORANDUM - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komunitas Mobil Sehat Lamongan (KMSL) periode 2024/2027 telah dikukuhkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan dr Moh Chaidir Annas di aula Lesung si Panji Dinkes Lamongan, Selasa 7 Mei 2024.

BACA JUGA:Jumat Tak Lagi Dipilih KPK untuk Tetapkan Tersangka, Gus Mudlor Buktinya

Turut menyaksikan prosesi pengukuhan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menilai hadirnya KMSL mampu memberikan kontribusi peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Lamongan. 

BACA JUGA:Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Resmi Jadi Tahanan KPK

Sebab, kehadiran mobil sehat pada awalnya ditujukan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) dalam akses pelayanan kesehatan rujukan, hal tersebut membuahkan hasil yang dibuktikan melalui capaian AKI dan AKB Lamongan dibawah rata-rata nasional.

BACA JUGA:Hadiri Pemeriksaan KPK, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Belum Nonaktif

Secara nasional angka kematian ibu sebesar 189/100.000 angka kelahiran hidup, dan angka kematian bayi sebesar 16,85 per 1000 angka kelahiran hidup. Sementara di Lamongan AKI sebesar 96,24 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB sebesar 7,42 per 1000 angka kelahiran hidup.

BACA JUGA:Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Konfirmasi Bakal Hadiri Pemeriksaan KPK Hari Ini

“Ini sebagai bentuk kerja kita memberikan kontribusi untuk derajat kesehatan masyarakat, mobil sehat sangat membantu,” tutur Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes.

BACA JUGA:KPK Tak Hadir, Sidang Praperadilan Bupati Sidoarjo Gus Mudhlor Ditunda Senin Depan

Untuk memaksimalkan peranan, kata Pak Yes, driver mobil sehat atau KMSL perlu terus dibekali pelatihan lalu lintas, penanganan kesehatan dasar, hingga lainnya. 

BACA JUGA:Gus Mudhlor Kembali Mangkir, KPK Tak Segan Menindak Pihak yang Menghalangi Proses Penyidikan

“Disebar luaskan ke forum-forum lainnya. Karena driver mobil sehat perlu dibekali, misalnya setiap orang bisa memberikan pertolongan pertama bagi penyakit jantung maupun lainnya dan saya harap mobil sehat bisa memberikan manfaat dengan baik,” imbuh Pak Yes.

BACA JUGA:Gus Muhdlor Ditetapkan Tersangka KPK, Gus Ali Sakit

Sumber: