Gerakan Pangan Murah, Pj Wali Kota Wahyu Himbau Tidak Lakukan Aksi Borong

Gerakan Pangan Murah, Pj Wali Kota Wahyu Himbau Tidak Lakukan Aksi Borong

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengharapkan masyarakat membeli bahan pangan sesuai kebutuhan.--

MALANG, MEMORANDUM - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan masyarakat terhadap bahan kebutuhan pokok semakin meningkat yang dikhawatirkan akan menimbulkan kenaikan harga di pasar.

Mengantisipasi itu, Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), di Kantor Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Hadir didampingi jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait dan unsur Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Hidayat menekankan dan menghimbau kepada masyarakat untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhan.

“Jadi untuk masyarakat, saya minta belilah segala kebutuhan itu dengan bijaksana, tidak atas dasar keinginan tetapi atas dasar kebutuhan,” ujarnya saat melaunching GPM tersebut.

BACA JUGA:HUT 110 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Ajak Seluruh Komunitas Saling Berselaras

Orang nomor satu di Pemkot Malang itu memastikan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok di Kota Malang dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu panik dengan melakukan pola menimbun atau memperbanyak persediaan.

Perilaku itu justru dikhawatirkan akan menimbulkan kelangkaan barang di pasar.

“Bapak ibu tidak perlu khawatir, karena saya pastikan stok barang dalam kondisi aman, jadi saya harap tidak perlu berlebihan, belilah kebutuhan secukupnya, tidak perlu panik,” himbau Wahyu Hidayat.

BACA JUGA:HUT Ke-110 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Naik Bemo Kunjungi Tempat Bersejarah

Ditemui usai acara, Wahyu sendiri tidak menampik ada sedikit kenaikan harga menjelang hari Raya Idul Fitri. Meskipun masih dalam batas wajar, orang nomor satu di Pemkot Malang tidak ingin kecolongan, dirinya lantas memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang untuk menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM).

“Memang ada tren kenaikan, khususnya menjelang hari raya, ini juga karena tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan kebutuhan pokok, semua masih dalam batas wajar tetapi tetap harus ada intervensi dari pemerintah lewat GPM ini,” jelas Wahyu Hidayat.

BACA JUGA:HUT Ke-110 Kota Malang, Pj Wali Kota Wahyu Serahkan CSR Tugu Tirta

Wahyu menambahkan intervensi ini sekaligus menindak-lanjuti arahan Mendagri dan Badan Pangan Nasional (BPN) agar melakukan upaya untuk menciptakan stabilitas harga dan daya beli masyarakat.

Wahyu berharap dengan harga yang lebih murah, dirinya berharap kebutuhan masyarakat menjelang hari raya dapat terpenuhi sehingga bisa berlebaran dengan tenang.

Sumber: