Bukan Hanya Urusan Ibadah, Puasa Juga Penting Bagi Kesehatan

Bukan Hanya Urusan Ibadah, Puasa Juga Penting Bagi Kesehatan

Dengan melakukan puasa secara rutin akan menjadi sebuah bentuk usaha bagi tubuh untuk kembali mengendalikan produksi hormon pemicu lapar--Freepik

MEMORANDUM - Puasa adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam dengan cara menahan makan dan dan minum dari waktu shubuh hingga waktu maghrib.

Namun ternyata puasa yang telah dilakukan tersebut rupanya sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat yang diterima oleh tubuh itu seperti mengurangi resiko diabetes dan menurunkan berat badan.

Akan tetapi bukan hanya manfaat tersebut yang akan diterima, namun juga ada sederet manfaat lain yang akan anda peroleh saat melakukan ibadah tersebut bagai kesehatan anda.

Berikut adalah manfaat yang akan diperoleh saat melakukan ibadah puasa yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yang telah melakukan puasa selama 1 bulan penuh akan mempunyai resiko terkena penyakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan ibadah puasa.

Karena dengan puasa seseorang bisa mengatur pola makan dengan baik, namun perlu diperhatikan juga menu makanan yang akan digunakan untuk berbuka dan sahur juga harus menu makanan yang menyehatkan.

BACA JUGA:Puasa Sehat Memanfaatkan Bakteri Baik di Usus

BACA JUGA:Doa Orang Berpuasa Mustajab

2. Memperbaiki Fungsi Otak

Melakukan puasa dapat memperbaiki fungsi otak, pasalnya ketika sedang menahan lapar dan haus ternyata akan memicu pertumbuhan sel saraf baru di otak.

Karena hal itu berpuasa dalam 1 bulan penuh dapat terhindar dari resiko penyakit Alzhaimer dan Parkinson, selain itu akan terbentuk rute jaringan baru di dalam otak sehingga dapat membantu  perkembangan biologis, psikologis dan fungsional.

3. Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sumber: