Jaga Kondusifitas Ramadan, Patroli On The Road Polres Bangkalan Libatkan Tim Gabungan Tiga Pilar

Jaga Kondusifitas Ramadan, Patroli On The Road Polres Bangkalan Libatkan  Tim Gabungan Tiga Pilar

Patroli gabungan TNI-Polri , Satpol-PP dan Dinas Perhubungan saat menyisir kawasan rawan tindak kriminalitas.--

BANGKALAN, MEMORANDUM - Berbagai kreatifitas dikembangkan Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya,  untuk menciptakan suasana kondusif di sepanjang Ramadan 1455 H.

Tiga hari terakhir ini, misalnya, Polres berinisiatif memaksimalkan giat patroli on the road skala besar dini untuk kawal kamtibmas  di kawasan rawan aksi 3C.

"Untuk giat patroli ini,  Bapak Kapolres melibatkan personel gabungan dari tiga pilar. Yakni dari TNI, Polri, serta Satpol-PP dan Dinas Perhubungan dari unsur Pemkab,” jelas Kasi Humas Polres, Iptu Risna Wijayati, Selasa (26/3/2024).

Inisiatif ini, sambung Iptu Risna, merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi Polres dengan institusi samping terkait yang dihelat di aula Wicaksana Laghawa Polres, Kamis (21/3) lalu.

Muara tujuannya untuk tetap eksis menjaga kamtibmas  Kota Bangkalan dan sekitarnya, agar suasasana disepanjang Ramadan tetap kondusif. Bebas dari ragam tindak kriminalitas, utamanya aksi 3C, yakni curat, curas dan curanmor.

BACA JUGA:Satbinmas Polres Bangkalan Kawal Pasar Murah Ramadan di Depan Pendopo Pemkab

“Termasuk prilaku tak senonoh dari komunitas kawula muda yang kerap viral meresahkan warga,” tandas Iptu Risna. Diantarnya, aksi balap motor liar, perang sarung antar kelompok remaja, serta aksi bakar dan saling lempar petasan.

Terpisah Kapolres AKBP Febri Isman Jaya, menegaskan, giat patroli on the road skala besar gabungan TNI,Polri, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan, akan rutin diterapkan hingga malam Hari Raya Idul Fitri 1455 H nanti.

"Rutinitas giat operasi ini akan rutin dilakukan setiap malam seusai Sholat Tarawih hingga dini hari,” tegas AKBP Febri. Ruang geraknya menyisir kawasan rawan aksi 3C dan ragam kegiatan menyimpang lainnya. Termasuk balap liar, perang sarung dan aksi bakar petaasan.

BACA JUGA:Antisipasi Perang Sarung, Tim Gabungan Polres Bangkalan Maksimalkan Patroli Sahur

Patroli on the road skala besar gabungan tiga pilar ini, mulai digeber Sabtu s/d Selasa (26/3) dini hari menjelaqng subuh. Mereka menyisir semua kawasan rawan.

Diantaranya sepanjang jalan Ki Lemah Duwur dan jalan raya Sekep di Kelurahan Bancaran, Jalan Halim Perdama Kusuma atau kawasan ring road (jalan lingkar) Timur, jalan kembar Soekarno-Hatta, serta jalan kembar jurusan Desa Bilaporah ke Pasarean Syaichona Kholil di Desa Mertajasah.

Semua jalan raya di kawasan jantung kota yang padat deretan pusat perbelanjaan, kompleks toko perhiasan, deretan lembaga perbankan, serta kompleks perkantoran harus rutin dissisir, dipantau dan diawasi ketat.”Tidak boleh tidak,” tandas AKBP Febri.

Terakhir, Kapolres berharap, adanya rutinitas giat patroli gabungan malam hari ini, bisa menciptakan stabilitas kantibmas, sehingga masyarakat, utamanya komunitas Umat Islam, bisa menekuni ibadah puasa, Sholat Tarawih dan tadarus dengan khusuk. Bebas dari gangguan tindak krimnalitas dan prilaku menyimpang lainnya. (ras)

Sumber: