Satbinmas Polres Bangkalan Kawal Pasar Murah Ramadan di Depan Pendopo Pemkab

Satbinmas Polres Bangkalan Kawal Pasar Murah Ramadan di Depan Pendopo Pemkab

Personel Satbinmas saat pantau dan jaga ketat sikon kegiatan pasar murah di jantung kota Jalan Letnan Abdullah-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Personel Satbinmas Polres, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) menjaga dan kawal ketat gerakan pasar murah dan operasi pasar Ramadan 1455 H, Senin-Selasa 18-19 Maret 2024.

Kegiatan yang dihelat Pemkab dan dibuka langsung Pj Bupati Arief Mulya Edie di sepanjang Jalan Letnan Abdullah depan pendopo kabupaten, itu diniati untuk menekan turun harga ragam jenis bahahan kebutuhan pokok yang masih relative tinggi hingga akhir pekan Ramadan.

“Yang namanya pasar murah, ya langsung dipadati oleh publik. Terutama koumunitas emak-emak,” kata Kasi Humas Polres  Iptu Risna Wijayati. Mereka bejubel di lokasi sejak pagi untuk membeli bahan kebutuhan pokok yang dibandrol jauh lebih murah dari pasaran umum.

Realita ini, menurut Iptu Risna, segera direspon dengan sigap oleh Kasatbinmas Iptu Lilis Sulistijani. Beberapa personel Satbinmas di bawah koordinasi  Kbo Satbinmas Iptu Martinus dan Ps Kanit Binpolmas Aipda Rachman, segera dikerahkan untuk mengamankan sikon di sekitar lokasi pasar murah.

BACA JUGA:Antisipasi Perang Sarung, Tim Gabungan Polres Bangkalan Maksimalkan Patroli Sahur

“Mereka bersama rekan petugas dari Satpol-PP dan Dishub, kompak menjaga dan mengedukasi warga, terutama emak-emak, agar bisa antre dengan tertib, tidak bejubel dan saling berebut,” tandas Iptu Risna.

Syukurlah, meski kadang riuh-rendah oleh celoteh  komunitas emak-emak yang minta layanan sesegera mungkin, namun suasana gelaran pasar murah dan operasi pasar bergulir tertib, aman dan kondusif. Tidak ada gangguan kamtibmas apapun. Termasuk dari pelaku 3C atau curas, curat dan curanmor.

Dalam aplikasinya, harga ragam jenis bahan kebutuhan pokok yang digelontorkan kepada masyarakat memang jauh lebih murah dari pasaran umum. Untuk beras SPHP kemasan 5 kg Cuma dibandrol Rp 54.000 per sak. 

Begitu juga, harga gula hanya dipatok Rp 16.000 per kg, minyak goring merk Kita dihargai Rp 16.000 per liter, serta telur ayam dibandrol Rp 28.000 per-kg. Dan masih ada beberapa jenis bahan pokok lain yang harganya lebih murah dibanding di pasaran umum.

BACA JUGA:Kapolres Bangkalan dan Ketua Bhayangkari Gelontorkan Bansos ke Lokasi Banjir

Atau jauh lebih murah dibanding beras medium di pasaran umum yang masih bergerak dikisaran Rp 75.000 s/d Rp 80.000. Bahkan harga beras premium yang digelontorkan kepada marwa, Cuma dihargai Rp 69.000 per sak.

Itu sebabnya, baik Kasi Humas Iptu Risna maupun Kasatbinmas Iptu Lilis, sama berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan peluang untuk berbelanja di pasar murah kemasan Pemkab Bangkalan tersebut.

Terlebih ke depan Pemkab masih akan melakukan kegiatan serupa jika harga ragam bahan kebutuhan pokok di pasaran tetap bertahan tinggi. “ Yahh….Polres berharap moga-moga gerakan pasar murah segera  bisa menekan turun harga di pasaran umum. Kasihan rakyat. Utamanya wong cilik,” pungkas Iptu Risna.(ras)

Sumber: