Gempa Terasa 3 Kali di Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Imbau Masyarakat Waspada

Gempa Terasa 3 Kali di Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Imbau Masyarakat Waspada

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.-Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap gempa yang terjadi sebanyak tiga kali di Surabaya, Jumat, 22 Maret 2024. Gempa yang terjadi pada siang hari, sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar gedung.

BACA JUGA:Gempa Susulan 6,5 Magnitudo, BPBD Kota Surabaya Terjunkan Anggota Sisir Bangunan Terdampak

Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa berada di timur laut Tuban, Jawa Timur. Gempa pertama berkekuatan 6,0 skala Richter (SR) terjadi pada pukul 11.22 WIB, disusul gempa kedua berkekuatan 5,0 SR pada pukul 12.31 WIB. Gempa ketiga, yang lebih besar, terjadi pada pukul 15.52 WIB dengan kekuatan 6,5 SR.

BACA JUGA:Bangunan di Ngaglik Roboh Akibat Gempa, Pedagang Takjil Jadi Tertimpa Reruntuhan  

Eri Cahyadi meminta masyarakat untuk lebih waspada dan peka terhadap tanda-tanda gempa. Ia juga mengimbau agar warga segera keluar rumah jika merasakan gempa susulan untuk meminimalisir korban jiwa.

BACA JUGA:BPBD Jatim Catat 16 Kali Gempa Susulan 

"Saya mohon kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk lebih berhati-hati. Yang kedua agar lebih peka terhadap tanda atau rasa yang disebabkan oleh gempa," kata Eri.

BACA JUGA:Kondisi Terbaru Akibat Gempa Bumi di Bawean, Masjid Runtuh hingga Pasien RSUD Berhamburan

Wali Kota Eri meminta kepada seluruh warga di Kota Surabaya untuk segera keluar rumah apabila kembali terjadi  gempa susulan. Tujuannya, agar meminimalisir terjadinya korban jiwa.

BACA JUGA:Gempa Lagi, Karyawan di Pergudangan Margomulyo Semburat 

“Hari ini terjadi dua kali gempa di Surabaya, getarannya sangat luar biasa dan getarannya hampir dirasakan oleh seluruh warga Surabaya. Maka dari itu saya harap warga untuk lebih berhati-hati,” imbaunya.

BACA JUGA:Gempa Susulan, Pekerja Kantoran di Surabaya Berhamburan 

Eri telah menginstruksikan lurah dan camat di seluruh wilayah Surabaya untuk melakukan pemantauan dan mengantisipasi adanya korban atau bangunan roboh.

BACA JUGA:Gempa Guncang Surabaya, Penghuni Apartemen dan Hotel Semburat 

Setelah terjadi dua kali, gempa kembali dirasakan oleh warga Surabaya. Kali ini guncangan gempa yang terjadi di timur laut Tuban lebih besar. BMKG mencatat gempa ketiga yang terjadi pada pukul 15.52 WIB sebesar 6,5 SR.

BACA JUGA:Gempa Berkekuatan 6,0 SR, 17 Kereta Api Melakukan Berhenti Luar Biasa 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kota Surabaya, Buyung Hidayat, juga mengimbau agar warga berhati-hati terhadap gempa susulan. Ia menyarankan agar warga yang beraktivitas di dalam gedung tinggi dan bertingkat untuk selalu siaga dan memahami jalur evakuasi dan titik kumpul.

BACA JUGA:Update: Gempa Bumi Juga Guncang Lamongan, Waspada Susulan 

"Karena masih ada beberapa gempa susulan, diharapkan warga yang keperluannya beraktivitas di dalam gedung tinggi dan bertingkat untuk selalu berhati-hati dan siaga. Kemudian pahami jalur evakuasi dan titik kumpul di masing-masing gedung," kata Buyung.

BACA JUGA:Diguncang Gempa, Penghuni DPRD Jatim Berhamburan Keluar 

Bagi warga yang melihat kerusakan akibat gempa, diimbau untuk segera melapor kepada petugas atau menghubungi Call Center (CC) 112. (*)

Sumber: