Pemkot Surabaya Bakal Bangun Rumah Potong Unggas untuk Penuhi Kebutuhan Daging Ayam Berkualitas

Pemkot Surabaya Bakal Bangun Rumah Potong Unggas untuk Penuhi Kebutuhan Daging Ayam Berkualitas

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun rumah potong unggas (RPU) di seluruh wilayah kota. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan daging ayam yang berkualitas, sehat, dan halal bagi masyarakat Surabaya.

BACA JUGA:Punya Rumah Potong Unggas, Wali Kota Sutiaji Harap Perumda Tunas Kembangkan Potensi

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pihaknya berencana mendirikan RPU yang akan ditempatkan di wilayah Surabaya Barat, Timur, Utara Dan Selatan.

"Karena (kebutuhan daging) ayam ini agak banyak, tidak bisa satu (tempat). Karena ayam ini jauh lebih banyak (kebutuhannya) daripada daging sapi. Sehingga, tempatnya harus lebih banyak," kata Wali Kota Eri Cahyadi. 

Dengan adanya RPU, Wali Kota Eri menyebut, maka ke depan tidak akan ada lagi pemotongan ayam di pasar-pasar. Sebab, hal itu dinilai tidak higienis dan dapat berpotensi menimbulkan penyakit. 

"Sehingga tidak ada lagi pemotongan di pasar-pasar. Karena seperti di Pasar Tembok itu motong ayam di pasar, harusnya kan tidak boleh," tuturnya.

Karena itu, Wali Kota Eri berharap, dengan adanya RPU baru, masyarakat Surabaya bisa mendapatkan daging ayam yang berkualitas, sehat, dan halal. 

"Nah, ini kita siapkan rumah potong ayam, RPU," pungkasnya. (*)

Sumber: