KAI Daop 8 Surabaya Berikan Service Recovery untuk Penumpang Terdampak Banjir Semarang

Keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi yang mengalami perubahan pola operasi--
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Banjir di wilayah Daop 4 Semarang menyebabkan perubahan pola operasi kereta api dan berdampak pada keterlambatan sejumlah perjalanan kereta di Daop 8 Surabaya.
Hingga Rabu pagi pukul 08.00 WIB, tercatat enam kereta mengalami keterlambatan, dengan durasi antara 65 hingga 107 menit. Kereta-kereta yang terlambat antara lain: Kertajaya (relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), Jayabaya (Pasar Senen-Malang), Sembrani (Gambir-Pasar Senen), Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi), Pandalungan (Gambir-Surabaya-Jember), Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi), Gumarang (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), dan Majapahit (Pasar Senen-Malang). Selain itu, KA Ambarawa Ekspres (Surabaya Pasar Turi-Semarang Poncol) dan Sembrani (Surabaya Pasar Turi-Gambir) juga mengalami perubahan pola operasi.
BACA JUGA:Percepat Normalisasi Jalur KA di Grobogan, Daop 8 Kirim Batu Ballast ke Lokasi
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini. Sebagai bentuk kompensasi, KAI Daop 8 Surabaya memberikan service recovery kepada penumpang yang terdampak, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.
Sejak Selasa 21 Januari 2025 hingga Rabu 22 Januari 2025 pukul 10.00 WIB, tercatat 497 penumpang telah membatalkan tiket mereka dan mendapatkan pengembalian biaya 100%.
BACA JUGA:Jelang Libur Panjang Akhir Januari, KAI Daop 8 Surabaya Operasikan KA Tambahan
Bagi calon penumpang yang ingin membatalkan perjalanan, dapat melakukan refund tiket di stasiun terdekat hingga H+7 keberangkatan. Pengembalian tiket akan dilakukan 100% tanpa potongan biaya pemesanan. (rio)
Sumber: