5 Cara Jitu Mengatasi Insomnia pada Remaja

5 Cara Jitu Mengatasi Insomnia pada Remaja

-unsplash-

MEMORANDUM - Insomnia, kesulitan untuk tidur atau terjaga di malam hari, menjadi masalah yang sering dihadapi remaja. Kurang tidur dapat mengganggu konsentrasi, prestasi belajar, dan kesehatan mental remaja. 

BACA JUGA:Insomnia, Terdakwa Beli Ganja di Kampus

Berikut 5 cara jitu untuk mengatasi insomnia pada remaja:

1. Ciptakan Rutinitas Tidur yang Konsisten

Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Hal ini membantu mengatur jam internal tubuh dan meningkatkan rasa kantuk di malam hari. Hindari tidur siang yang terlalu lama, maksimal 30 menit.

BACA JUGA:Berdalih Insomnia, Sales Isap Ganja

2. Buat Kamar Tidur Nyaman dan Kondusif

Pastikan kamar tidur gelap, sejuk, dan tenang. Gunakan tirai tebal untuk menghalangi cahaya, matikan semua perangkat elektronik, dan jaga suhu kamar agar tetap nyaman. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman untuk tidur.

BACA JUGA:Stres dan Depresi Meningkat di Kalangan Generasi Muda

3. Hindari Stimulan Sebelum Tidur

Hindari konsumsi kafein, nikotin, dan alkohol beberapa jam sebelum tidur. Stimulan ini dapat mengganggu tidur dan membuat Anda sulit tertidur. Hindari makan makanan berat atau berolahraga berat sebelum tidur.

BACA JUGA:Mancing Jadi Alternatif Liburan Hilangkan Stres

4. Lakukan Aktivitas Menenangkan Sebelum Tidur

Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu Anda rileks dan mempersiapkan diri untuk tidur. Hindari penggunaan gadget satu jam sebelum tidur karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Sumber: