Demam pada Bayi? Tenang, Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Demam pada Bayi? Tenang, Ini Cara Ampuh  Mengatasinya

Bayi yang demam biasanya akan rewel dan tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengatasi demam pada bayi dengan tepat.-pixabay-

MEMORANDUM-Demam merupakan salah satu kondisi yang terjadi umum pada bayi, tapi bagaimana cara mengatasi Demam pada bayi?. Demam di sebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, atau reaksi terhadap vaksinasi.

Demam pada bayi dapat membuat bayi menjadi rewel dan tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengatasi demam pada bayi dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah mengatasi demam pada bayi:

1. Mengompres Bayi

Kompres hangat merupakan salah satu cara paling efektif untuk menurunkan demam pada bayi. Caranya, rendam kain bersih pada air hangat, lalu peras kain. Selanjutnya letakkan kain pada dahi, lipatan ketiak, leher, dan paha bayi selama 10-15 menit.

2. Memberikan Asupan ASI yang Cukup

ASI merupakan sumber nutrisi dan cairan yang penting untuk bayi. Bayi yang demam membutuhkan asupan ASI yang lebih banyak untuk membantu melawan infeksi dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

BACA JUGA:Musim Hujan, Waspada Demam Berdarah

3. Memandikan Bayi dengan Air Hangat

Memandikan bayi dengan air hangat dapat membantu menurunkan demam dan membuat bayi merasa lebih nyaman. Namun, pastikan suhu udara tidak terlalu panas agar tidak membuat bayi kedinginan.

4. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang terlalu tebal dapat membuat bayi menjadi gerah dan meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu, hindari mengenakan pakaian yang terlalu tebal pada bayi yang demam.

5. Menjaga Suhu Kamar tetap Sejuk

Suhu ruangan yang terlalu panas dapat membuat bayi menjadi berkeringat dan meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu, jaga suhu ruangan tetap dingin, yaitu sekitar 25-27 derajat Celcius.

Sumber: