Jelang Indonesia U-17 vs Panama U-17, Bima Sakti Sudah Pelajari Kekuatan dan Kelemahan Tim

Jelang Indonesia U-17 vs Panama U-17, Bima Sakti Sudah Pelajari Kekuatan dan Kelemahan Tim

Persiapan pemain timnas jelang menghadapi Panama. -Farid-

SURABAYA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-17 dalam kondisi siap untuk menghadapi Panama, di Gelora Bung Tomo, Senin 13 November 2023. Hal ini diungkapkan coach Bima Sakti saat latihan di Lapangan A Kompleks GBT bahwa ia dan para pemain sudah melihat video pertandingan Panama dan sudah mempelajarinya. 

"Kami tadi pagi sudah melihat video permainan Panama. Bagaimana strength and weakness (kekuatan dan kelemahan) Panama sudah kami informasikan ke para pemain, kemudian kita juga sudah mencatat dan tanyakan ke pemain serta kita satukan pendapat atau opini dengan tim pelatih dan hasilnya sama," kata Bima Sakti, Minggu 12 November 2023.

Dalam pertandingan besok, Coach Bima akan menginstruksikan pemainnya untuk mengambil inisiatif menyerang lebih awal dan berharap juga dukungan penuh dari suporter. 

"Saya berharap para suporter yang hadir memberikan suport yang maksimal buat pemain. Dan kemarin meskipun ada sedikit rasa down di pemainnya tapi kita tetap suport mereka dan jangan menyalahkan mereka," ujar Bima Sakti. 

BACA JUGA:Ikram Al Giffari Tampil Gemilang di Bawah Mistar Timnas Indonesia U-17 saat Imbangi Ekuador

Diusia yang masih muda U-17, garuda muda sangat membutuhkan dukungan. Kesalahan yang mereka buat pastinya wajar karena ini termasuk dalam proses berkembang. 

"Mereka U-17, saya kemarin ujicoba lawan Frankfurt, Mainz, Koln di Jerman, orang tua dan official tidak ada yang menyalahkan mereka. Karena ini proses dan diharapkan bisa berkembang dengan proses yang baik dan disaat senior bisa menjadi pemain yang benar siap secara mental," ungkapnya. 

Pelatih Bima mengungkapkan bahwa ia sudah memiliki potongan video strength pemain Panama dan ia juga sudah mempelajarinya. "Semua pemain Panama akan diwaspadai terutana pemain nomor 10 dan nomor 11 yang memiliki kualitas individu yang baik, kemudian akan kita antisipasi jelebihan dua pemain ini," bebernya. 

Untuk mengantisipasi kelemahan fisik anak asuhnya seperti dipertandingan perdana kemarin, coach Bima dan tim dokter sudah memberikan arahan. Apalagi pada pertandingan kemarin melawan Ekuador yang merupakan tim langganan piala dunia baik di senior dan junior. 

BACA JUGA:Digempur Habis-Habisan, Timnas Indonesia U-17 Bermain Imbang 1-1 Lawan Ekuador U-17

"Pleasure yang terjadi di pemainnya cukup berat karena menghadapi juara kedua di zona Amerika Selatan. Mereka bisa mengalahkan Brazil, Chile yang menunjukkan bahwa kualitas mereka sangat bagus," tuturnya. 

Dalam pertandingan besok Senin menghadapi Panama, Coach Bima akan melakukan beberapa rotasi. Rotasi tersebut tidak banyak dan akan mempertahankan wining eleven di pertandingan pertama. 

"Kami akan melakukan rotasi tapi mungkin tidak banyak. Karena kita akan mempertahankan wining eleven yang kemarin dan merubah posisi yang harusnya kita rubah," ungkapnya. 

Sementara itu, pemain timnas Welber Jadim mengatakan bahwa ia dan para pemain lain melakukan persiapan yang keras agar pada pertandingan besok bisa bermain lebih baik lagi. 

Sumber: