Sayur-Sayuran Ini Bisa Bantu Anda Hindari Penyakit Jantung

Sayur-Sayuran Ini Bisa Bantu Anda Hindari Penyakit Jantung

Sayuran yang kaya akan nutrisi untuk jantung. Yuk, rajin makan sayuran!-pixabay-

• Wortel

Wortel adalah sayuran akar yang kaya akan vitamin A, beta-karoten, dan serat. Beta-karoten adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association menemukan bahwa, orang yang mengonsumsi wortel lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi wortel.

• Tomat

Tomat adalah sayuran buah yang kaya akan likopen, antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi tomat lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi tomat.

• Bawang Bombay

Bawang bombay adalah sayuran yang kaya akan quercetin, antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa quercetin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

•  Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi alpukat.

BACA JUGA:Selain Diet, Konsumsi Juga Sayuran Ini Untuk Bakar Lemak Perut

Selain sayuran yang disebutkan di atas, masih banyak lagi sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi berbagai macam sayuran dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Sumber: