Ratusan Personel Polres Tulungagung Disiapkan untuk Pengamanan Debat Cabup Cawabup

Ratusan Personel Polres Tulungagung Disiapkan untuk Pengamanan Debat Cabup Cawabup

Kapolres AKBP Muhamad Taat Resdi didampingi Wakapolres Kompol Christian Bagus dan Kasihumas Ipda Nanang Murdianto.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - KPU Kabupaten Tulungagung telah menetapkan debat publik pertama Pilkada 2024 dilaksanakan pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Guna memastikan keamanan pelaksanaan debat cabup cawabup itu, ratusan personel Polres Tulungagung bakal disiagakan. Termasuk pasukan gabungan lintas sektoral yang akan bertugas pada kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Cegah Golput, KPU Tulungagung Gandeng PWI Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Muhammad Taat Resdi.

Kapolres Taat menjelaskan, persiapan pelaksanaan debat sudah dibahas dengan berbagai pihak, utamanya KPU Tulungagung

Debat publik bakal diikuti oleh empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung bertempat di Crown Victoria Hotel.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan KPU Tulungagung dan berencana untuk melakukan pengamanan saat pelaksanaan debat publik," ujar Kapolres Taat, Kamis 24 Oktober 2024.

BACA JUGA:KPU Tulungagung Terima Puluhan Ribu Kotak Suara dan Kabel Ties Pilkada 2024

Pihaknya menjelaskan, ada beberapa strategi pengamanan yang sudah disiapkan. Seperti pengamanan perimeter yang ditujukan agar para pendukung setiap paslon tidak masuk ke lokasi debat. Kemudian pembatasan jumlah kendaraan yang boleh masuk di ring - ring tertentu lokasi debat.

Selanjutnya, Kapolres Taat juga meminta KPU menyiarkan acara ini secara live, sehingga masyarakat tetap bisa menyimaknya di rumah masing - masing tanpa harus ke lokasi debat.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan imbauan kepada pendukung masing-masing paslon agar tidak banyak yang hadir di lokasi debat.

"Kami memberikan saran pengamanan seperti itu, dan pihak KPU Tulungagung maupun pihak-pihak yang lain pun juga telah sepakat," ungkapnya.

BACA JUGA:Bawaslu Tulungagung Tunggu PKPU Soal Aturan Baliho Paslon Pilkada 2024

Disinggung soal jumlah personel yang disiagakan, Kapolres Taat belum bisa memastikan. Namun diperkirakan, jumlahnya sekitar 150 personel polres ditambah personel gabungan lintas instansi.

Sumber: