Tempat Bersejarah di Surabaya yang Cocok Dikunjungi Untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Cocok Dikunjungi Untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, dengan mengunjungi tempat bersejarah ini menjadi cara yang tepat untuk menghargai semangat persatuan dan nasionalisme.--Surabaya Tourism

MEMORANDUM.CO.ID - Ingin merasakan semangat juang para pahlawan? Surabaya adalah jawabannya! Kota Pahlawan menyimpan segudang cerita sejarah yang dapat Anda telusuri.

Kota Surabaya yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan menyimpan segudang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Kota Pahlawan yang kaya akan sejarah perjuangan, menyimpan sejumlah tempat bersejarah yang tak ternilai.

Sumpah Pemuda menyumbangkan besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, dengan mengunjungi tempat bersejarah ini menjadi cara yang tepat untuk menghargai semangat persatuan dan nasionalisme.

BACA JUGA:5 Contoh Pidato dengan Tema Sumpah Pemuda yang Cocok untuk Pembina Upacara

BACA JUGA:Simbol Persatuan dalam Logo Hari Sumpah Pemuda ke-96, Makna Mendalam di Balik Setiap Garis


Berikut adalah beberapa tempat bersejarah di Surabaya untuk dikunjungi :

1. Balai Pemuda Surabaya

Balai Pemuda Dibangun pada tahun 1920-an, bangunan ini menjadi saksi bisu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, terutama dalam perjuangan kemerdekaan.

Balai Pemuda Surabaya melambangkan semangat persatuan dan gotong royong di kalangan pemuda, Di tempat inilah berbagai macam latar belakang, suku, dan agama bersatu untuk mencapai tujuan bersama.

Pada Hari Sumpah Pemuda, biasanya diadakan berbagai kegiatan menarik di Balai Pemuda Surabaya, seperti lomba, seminar, pameran, atau pertunjukan seni dengan Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan semangat nasionalisme.

Dengan mengunjungi Balai Pemuda Surabaya, generasi muda dapat terinspirasi oleh semangat para pemuda pendahulu yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Digitalisasi vs Nasionalisme, Bagaimana Menanamkan Semangat Sumpah Pemuda pada Generasi Alpha?


2. Museum W. R. Soepratman

W.R. Soepratman dikenal sebagai pahlawan Indonesia yang menyimpan kisah inspiratif tentang seorang pahlawan nasional yang telah menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Museum ini berada di rumah terakhir yang ditempati oleh W.R. Soepratman di Surabaya, Tepatnya di Jalan Mangga No. 21, Tambaksari, Surabaya.

Melalui koleksi foto, dokumen, yang terdapat di museum, kita bisa membayangkan suasana dan semangat perjuangan pada masa Sumpah Pemuda.

3. Tugu Pahlawan

Monumen ikonik Surabaya ini merupakan simbol perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah, Di sini kita dapat merasakan semangat juang para pahlawan yang telah gugur.

Tugu Pahlawan didirikan untuk mengenang peristiwa heroik Pertempuran pada 10 November 1945, di mana rakyat Surabaya berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan Semangat juang juga keberanian yang ditunjukkan oleh para pejuang Surabaya ini cocok dengan kaitannya dengan semangat Sumpah Pemuda.

Tugu Pahlawan dapat menjadi sumber inspirasi untuk terus berjuang dan berkarya bagi bangsa, Dengan melihat langsung monumen ini, anda dapat merasakan semangat juang para pahlawan dan termotivasi untuk meneruskan perjuangan mereka.

BACA JUGA:3 Drama China Remake yang Sukses Memikat Pecinta Drama Asia! Nomor 2 Miliki 6 Versi

BACA JUGA:Tips Mudah Mulai Skincare, Panduan Buat Kamu yang Masih Pemula

4. Rumah Ir.Soekarno

Presiden pertama Indonesia yang akrab di sapa Bung Karno itu lahir dan besar di Surabaya dan Sampai saat ini, tempat kelahiran dan rumah masa kecil Soekarno masih berdiri di Surabaya.

Tempat kelahiran Soekarno ini dapat diunjungi saat peingatan hari sumpah pemuda yang berlokasi di Jalan Pandean IV/40, Peneleh, Genteng, Surabaya. Yakni sebuah kampung dengan gang kecil yang berada di pusat Kota Surabaya.

Dengan mengunjungi rumah kelahiran Ir. Soekarno, Kita dapat melihat bagaimana perjuangan para pendahulu telah membentuk Indonesia seperti sekarang ini, akan memberikan perspektif yang lebih luas tentang perjalanan danperjuangan para pahlawan Indonesia.

5. Hotel Majapahit

Hotel Majapahit menjadi tempat bersejarah karena telah terjadi peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia oleh arek Suroboyo pada 19 September 1945.

Hotel ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, Bangunannya yang masih terawat dengan baik dan berbagai memorabilia yang dipajang di dalamnya, membawa kita pada perjalanan sejarah pada masa itu.

Dengan mengunjungi tempat ini dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda kita dapat belajar dari sejarah dan meneruskan semangat perjuangan para pahlawan.


Mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya saat memperingati Sumpah Pemuda menjadi cara yang efektif untuk belajar sejarah secara langsung Dengan melihat, menyentuh, dan merasakan atmosfer tempat-tempat tersebut, kita dapat lebih memahami perjuangan para pahlawan dan menghargai nilai-nilai luhur bangsa.

Mari ajak generasi muda untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini agar semangat Sumpah Pemuda terus berkobar.


Sumber: