Patroli Gabungan Sisir Sidoarjo Barat, Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Pilkada Serentak

Patroli Gabungan Sisir Sidoarjo Barat, Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Pilkada Serentak

Petugas melakukan patroli gabungan dengan menyisir sejumlah lokasi di Krian, Sidoarjo Barat--

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, patroli gabungan 3 pilar dilaksanakan pada Kamis 17 Oktober 2024 malam di wilayah Kecamatan Krian, SIDOARJO Barat. Apel dimulai pada pukul 23.00 WIB di Pos Lantas P8 Jl. Raya Bypass Krian, melibatkan unsur Polri, TNI, Satpol PP, serta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan PPK Kecamatan Krian.

Kapolsek Krian, Kompol Daky Dzul Qornain mengatakan, patroli ini bertujuan menciptakan situasi kondusif dalam tahapan kampanye Pilkada 2024, sekaligus mendukung terselenggaranya pemilu yang aman dan damai. Selain itu, kata Daky, rangkaian patroli ini melibatkan pemantauan rute strategis yang dimulai dari Jl Raya Bypass Krian menuju Jl Raya Gubernur Suryo hingga Simpang 4 RPH Krian, Jl Raya Tropodo, dan Jl Raya Sedengan Mijen. 

BACA JUGA:Polsek Krian Jalin Kemitraan dengan Masyarakat, Jaga Kondusivitas Jelang Pilkada

"Kami juga menyusuri kawasan Simpang 5 Krian, Pasar Krian, dan Jl Raya Ponokawan, sebelum kembali ke Pos Lantas P8," kata Daky.

Dalam patroli gabungan ini difokuskan untuk mengantisipasi lokasi-lokasi rawan kriminalitas serta balap liar. Tak hanya itu, petugas juga memantau titik-titik strategis pemasangan alat peraga kampanye (APK) berupa baliho atau banner calon gubernur Jawa Timur dan Pilkada Sidoarjo.

"Pada masa-masa kampanye masih ada keresahan yg terjadi, khususnya terkait aksi yg diduga perusakan alat peraga kampanye (APK)  terhadap baliho paslon baik Pilgub Jatim ataupun Pilkada Sidoarjo. Kami mengimbau kepada masyarakat/tim pemenangan agar saling menghargai masing-masing paslon, tidak menyebar hoax dan melakukan pelanggaran hukum," tegas Daky.

BACA JUGA:Antisipasi Kepadatan Jalan, Polsek Krian Atur Lalulintas

Selain patroli, petugas juga berdialog dengan warga sekitar terkait Pilkada 2024. Dalam dialog tersebut, pesan kamtibmas disampaikan agar masyarakat turut berperan aktif mensukseskan pemilu damai. Patroli gabungan yang berlangsung hingga pukul 01.00 WIB ini berakhir dalam suasana aman dan kondusif. Dengan upaya berkelanjutan seperti ini, diharapkan Pilkada 2024 di Kecamatan Krian dan sekitarnya dapat berjalan lancar tanpa gangguan berarti, sehingga masyarakat bisa menjalankan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.(bwo/jok)

Sumber: