Jelang Hari Jadi Ke-23 Kota Batu, Ukir Prestasi Raih Penghargaan Desa Cantik dari Badan Pusat Statistik

Jelang Hari Jadi Ke-23 Kota Batu, Ukir Prestasi Raih Penghargaan Desa Cantik dari Badan Pusat Statistik

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian.-Ariful Huda-

BATU, MEMORANDUM.CO.ID – Menyambut usia ke-23, Kota Batu kembali meraih prestasi gemilang dengan penghargaan sebagai Penyelenggara Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Terbaik 2021-2023. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Permudah Kebutuhan Pangan Masyarakat Adakan Pasar Murah

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Anugerah Hari Statistik Nasional 2024 yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Jakarta, pada Kamis 26 September 2024. 

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu: Pentingya Pariwisata Guna Menumbuhkan Perekonomian Bersama Petani Jeruk dan Seniman Lokal

"Pemberian penghargaan kepada Pemerintah Kota Batu sebagai penyelenggara Desa Cantik adalah bukti dedikasi dan kontribusi nyata pemerintah dalam meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat desa serta masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik," ujar Pj Aries.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Semangati Warga Tlekung dengan Salurkan Bantuan Kursi Roda

Ia juga menegaskan, bahwa penghargaan ini tidak hanya merupakan pengakuan atas kontribusi nyata, tetapi juga merupakan tanggung jawab yang harus diemban oleh pemerintah kota dan pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perencanaan pembangunan di desa dengan memanfaatkan data statistik yang akurat. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Dampingi Ketua PP Muslimat NU Resmikan Griya Khitan Nubat

"Pentingnya standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik serta optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik agar program pembangunan di desa tepat sasaran," tambahnya.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito menjelaskan pentingnya peran Badan Pusat Statistik (BPS) dalam merumuskan kebijakan. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-63

"Seluruh kebijakan yang akan diambil, rencana strategis dari sebuah pembangunan tentu memerlukan rekomendasi data yang bersumber dari BPS," kata Mendagri. 

Ia juga mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan, berharap ini menjadi motivasi bagi daerah lain untuk terus berinovasi dengan data yang akurat.

Sumber: