Forum BKK Sleman Studi Banding ke Disnakertrans Kabupaten Malang

Forum BKK Sleman Studi Banding ke Disnakertrans Kabupaten Malang

Disnaker bersama BKK Sleman saat foto bersama-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malang pada Kamis 8 Agustus 2024 menerima kunjungan studi banding Disnaker dan Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Kabupaten Sleman.

Sumaryati Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Sleman menjelaskan, pada studi banding kali ini pihaknya ingin mengetahui terkait pengelolaan BKK di Kabupaten Malang. Tidak hanya itu, pada kesempatan kali ini, Disnaker bersama Forum BKK juga mengunjungi SMK Brantas Karangkates di Sumberpucung dan perusahaan otobus PT Bagong Dekaka Makmur di Kepanjen. 

"SMK Brantas di Karangkates itu punya Pusat Keunggulan, merupakan pilot project BKK di Jawa Timur, jadi kami ingin tahu di sana, sekaligus lakukan job canvasing di Bagong Dekaka Makmur," tutur, Sumaryati saat ditemui di kantor Disnaker kabupaten Malang.

Studi banding kali ini, tambah Sumaryati, dilakukan untuk mematangkan program yang sudah dijalankan di Kabupaten Sleman, terkait penempatan lulusan SMK melalui Forum BKK.  Dalam menambah kasana penempatan pihaknya juga berkunjung ke Kabupaten Malang, namun sebelumnya bersama Forum BKK Kabupaten Sleman telah melakukan studi banding ke Tangerang. 

BACA JUGA:Gunakan DBHCHT, Disnakertrans Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Keterampilan

"Kabupaten Sleman itu mempunyai program menghubungkan atau jadi link perusahaan-perusahaan, agar nanti teman-teman di BKK itu bisa menempatkan kelulusannya jika itu sesuai dengan bidangnya atau jurusannya," kata, Sumaryati. 

Sebagai bagian dari Disnaker pihaknya mendampingi BKK, karena pada pos anggaran dinas tenaga kerja. Juga ada anggaran untuk peningkatan BKK, dalam mengurangi angka pengangguran yang ada di Sleman khususnya bagi lulusan SMK.

Terpisah Heri Prayitno selaku Ketua Forum BKK Kabupaten Sleman menyampaikan, selama ini pihaknya memang sudah menjalin kerjasama dengan Disnaker untuk mematangkan program yang sudah digagas bersama.

"Kita memang ada kerjasama dengan Disnaker di Sleman," tutur, Heri. 

BACA JUGA:Disnaker Kabupaten Malang Tingkatkan Skill Wirausaha Pemula Melalui Literasi Keuangan

Heri mengakui, selama ini Kabupaten Sleman bukan merupakan wilayah industri, namun pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk mengakomodir lulusan SMK agar dapat pekerjaan yang layak sesuai jurusan masing-masing. 

"Sleman bukan daerah industri, tapi kita berusaha mencarikan alumni-alumni terutama ke Badung, Surabaya, Jabodetabek, Cikarang utamanya, tujuannya untuk memperluas dan menambah, jaringan kerjasama dengan industri,"  tutup, Heri Prayitno.(kid)

Sumber: