DPD RI Terpilih Dukung Komitmen Dindik Jatim Ciptakan Iklim Sekolah Menyenangkan dan Anti Bullying

DPD RI Terpilih Dukung Komitmen Dindik Jatim Ciptakan Iklim Sekolah Menyenangkan dan Anti Bullying

Lia Istifhama bersama Sekretaris Dindik Jatim Dr Suhartono membahas masalah pendidikan.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang pendidikan, Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim berkomitmen menciptakan iklim sekolah yang menyenangkan.

Asa tersebut terus dijaga dan jadi harapan bersama. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Dindik Jatim, Dr Suhartono, saat ditemui oleh DPD RI terpilih dapil Jatim, Dr Lia Istifhama.

“Meningkatkan kualitas pendidikan, indikator utama adalah membentuk karakter siswa yang tangguh dan berkualitas. Bagaimana siswa menjadi generasi emas yang memiliki kualitas mumpuni dalam aspek kognifit, afektif, dan psikomotorik. Jadi siswa tidak bisa dinilai kualitasnya secara pengetahuan saja, tapi juga sikap dan karakternya. Oleh sebab itu, iklim sekolah harus menyenangkan,” jelas Suhartono, Minggu, 4 Agustus 2024.

Ditambahkan olehnya, iklim sekolah menyenangkan telah disampaikannya saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tanggal 15 hingga 17 Juli lalu.

BACA JUGA:Tahun Ajaran Baru Penuh Masalah, DPRD Jatim Minta Kadindik Jatim Tak Rangkap Jabatan

Saat MPLS beberapa waktu lalu, Dindik Jatim menekankan bahwa MPLS harus terlaksana sesuai yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2016.

Yakni, menciptakan masa pengenalan lingkungan sekolah yang aman dan menyenangkan, bukan hari-hari di awal sekolah menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian siswa baru.

“Dengan begitu, sejak MPLS pun, kami berupaya mengajak semua pihak mendukung secara nyata bagaimana membentuk iklim sekolah yang menyenangkan. Jangan ada perundungan ataupun situasi yang membuat siswa trauma dengan lingkungan sekolah, baik dengan teman sekolahnya maupun gurunya," kata dia.

“Iklim sekolah menyenangkan ini akan menjadi variabel penting terciptanya generasi emas. Motivasi ini yang terus kami perkuat di tingkatan SMA/SMK/SLB yang menjadi naungan kami,” imbuh pria asal Tulungagung itu.

BACA JUGA:Dindik Jatim: Golden Ticket Hafiz Quran Bisa Diikuti Penghafal Kitab Suci Lain

Senada dengannya, Lia Istifhama yang sebelumnya dikenal sebagai aktivis sosial dan juga Tokoh Penggerak Literasi dalam ajang Radar Award 2024, menyebut harapan Dindik Jatim tersebut adalah cita-cita mulia karena kesehatan mental siswa adalah poin penting.

“Upaya Dindik menciptakan iklim sekolah menyenangkan, patut didukung. Ini pesan moril yang sangat positif, mimpi mulia, di tengah rentetan masalah kesehatan mental anak dan remaja yang sekarang banyak menjadi suguhan berita publik, mulai dari kasus pornografi, kecanduan gadget, perundungan, penganiayaan, dan sebagainya."

"Dan salah satu solusi penting memang character building yang dibentuk di lingkungan sekolah, yaitu bagaimana siswa menjadi humanis dan tidak rapuh,” terangnya.

Senator cantik itu pun menyebut pentingnya upaya-upaya membentuk mental siswa yang sehat, kuat, dan tidak rapuh.

Sumber: